Ketua DPRD Sumut Tewas di Tengah Demo

Anggota Dewan Melihat Abdul Azis Dipukuli

VIVAnews -- Ketua Badan Kehormatan DPRD Sumatera Utara, Mutawalli Ginting, menyoal lemahnya pengamanan aksi massa anarkis dari kelompok yang ingin mendirikan Provinsi Tapanuli. Akibatnya, Abdul Azis Angkat, Ketua DPRD Sumut, tewas.

Ginting yang diwawancarai tvOne, Rabu 4 Januari 2009, mengatakan melihat Abdul Azis dikerubuti massa. "Teman-teman melihatĀ  dia dipukuli,"kata Ginting.

Aksi massa itu terjadi pada Selasa 3 Januari 2009. Ribuan massa berunjuk rasa di gedung DPR Sumut. Mereka menyalurkan aspirasi untuk mendirikan Provinsi Sumatera Utara dengan aksi kekerasan.

Sambil mengusung peti mati, pengunjuk rasa merusak berbagai fasilitas yang ada di gedung dewan itu. Selain itu, mereka mengerubuti Abdul Azis. Ginting mengatakan saat kejadian, banyak saksi yang melihat Abdul Azis dipukuli dan dilempar.

Tetapi, menurut aparat kepolisian, Abdul Azis tewas karena serangan jantung. Ginting mengatakan sempat berbincang-bincang dengan Abdul Azis sebelum terjadi unjuk rasa. "Beliau sehat-sehat saja," katanya.

Kendati demikian, menurut Juru Bicara Polri Inspektur Jenderal Abubakar Nataprawira, untuk sementara polisi tetap berkesimpulan korban tewas karena serangan jantung.

Adapun enam tersangka yang sudah ditetapkan dikenakan pasal 170 KUHP tentang perusakan, dan 160 KUHP yaitu menghasut untuk melawan petugas.

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Hingga pagi ini, jumlah tersangka belum bertambah. "Kepolisian Daerah Sumatera Utara sedang menelusuri berbagai kemungkinan kasus ini," kata Abubakar.

Festival balon udara digelar di Pekalongan dan Wonosobo Jawa Tengah

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

AirNav telah mengeluarkan Notif atau NOTAM kepada pilot untuk waspadai munculnya balon udara yang diterbangkan secara liar di ketinggian 8.000 hingga 9.000 kaki.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024