Inilah Lokasi Parkir Gratis di Jakarta

VIVAnews - Mulai hari ini, 4 Februari 2009, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan program parkir gratis di sejumlah kawasan. Syaratnya, pengendara harus memiliki lima karcis parkir bekas.

Uji coba program parkir insentif ini akan dilakukan di empat titik yaitu,
- Jalan Pecenongan di Jakarta Pusat
- Jalan Juanda di Jakarta Pusat
- Jalan Boulevard Raya di Jakarta Utara, serta
- Jalan Raden Fatah di Jakarta Selatan.

Warna dan nomor kode karcis parkir yang digunakan di empat kawasan itu sengaja dibedakan dengan karcis parkir di kawasan lain. Pemakai jasa parkir yang mengumpulkan lima karcis parkir dari empat lokasi tersebut mendapat bonus sekali parkir gratis di empat lokasi yang sama.

Program lima kali parkir gratis satu ini ditempuh untuk menekan kebocoran pemasukan dari retribusi parkir tepi jalan atau on street. Program ini diharapkan mendorong warga untuk meminta karcis dari juru parkir.

Awalnya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan memberlakukan karcis parkir berhadiah untuk meningkatkan retribusi dari parkir. Tapi dengan berbagai pertimbangan, program undian karcis parkir dibatalkan dan diganti program lima kali parkir gratis satu.

Data Biro Keuangan Pemprov DKI menunjukkan, penerimaan total retribusi perparkiran selalu tidak memenuhi target. Tahun 2007 hanya mendapat Rp 19,38 miliar atau 42,34 persen dari target Rp 45,79 miliar. Demikian tahun 2008, retribusi hanya tersedot 42,46 persen dari target Rp 26,40 miliar.

Padahal, jumlah mobil pribadi, angkutan barang dan bus yang ada di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi mencapai 5,5 juta unit.

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer
Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

The Russian Health Ministry said the death toll from last week's attack on a Moscow concert hall rose to 140 on Wednesday, after another victim died in hospital.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024