Hasil Investigasi Kebakaran Depo Plumpang

"Sulit Katakan Kenapa Kaleng di Dalam Tangki"

VIVAnews - Hasil investigasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang menguak fakta ada kaleng sampling minyak di dalam tangki. Keberadaan kaleng diduga kuat penyebab adanya percikan api yang menyebabkan tangki meledak.

Menurut Manajer Hubungan Eksternal Pertamina, Maruli Harahap, kaleng biasa digunakan tiap pagi pukul 05.00 WIB untuk mengambil contoh minyak. "Sulit katakan kenapa can itu dalam tangki, biar polisi yang menyelidiki," kata dia di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Rabu 4 Februari 2009.

Menurut Maruli, biasanya penyebab kebakaran tangki adalah petir atau sambaran kilat, jarang disebabkan kesalahan manusia.  Siapa yang bertanggungjawab atas kaleng itu? "Biasanya petugas can sampling," jawab Maruli.

Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Susno Duadji mengatakan kaleng sampling untuk pengambilan contoh minyak, mirip seperti timba. "Mungkin ketika ditarik jatuh atau terlepas dari tali, tapi takut bilang," kata dia.

Apakah itu berarti ada unsur kesalahan manusia? Susno tak menjawab. "Silahkan menilai, saya belum sampai ke sana, tugas saya hanya melakukan penyelidikan penyebab kebakaran," kata dia.

Tim penyeldiik Plumpang sudah memastikan penyebab kebakaran Depo Plumpang yang terjadi Minggu 18 Januari 2009, bukan karena bom, melainkan ledakan uap bensin yang terkena percikan api.

Api di Plumpang baru bisa dipadamkan pada Senin, 19 Januari 2009, sekitar pukul 06.00 WIB. Kebakaran itu menimpa tanki raksasa yang terbesar dan modern.  Depo Plumpang adalah pusat suplai bahan bakar untuk wilayah Jabodetabek dan sekitarnya.

Satu orang tewas dalam musibah kebakaran ini, yakni  Zaenuddin (25) yang merupakan petugas satuan pengamanan Pertamina.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK
Nikita Mirzani

Nikita Mirzani Ngaku Dapet Kekerasan dari Rizky Irmansyah, Lita Gading: Lapor Jangan Koar-koar

Kabar kandasnya hubungan asmara Nikita Mirzani dengan Rizky Irmansyah masih jadi sorotan publik. Pasalnya, Nikita Mirzani yang beberapa tahun belakangan ini diam.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024