Gedung Baru DPR Tak Pasti Dibangun Tahun Ini

VIVAnews - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Agung Laksono, menyatakan pembangunan gedung baru belum tentu dilaksanakan tahun 2009 ini. Namun sayembara desain direncanakan tahun ini.

"Saya sependapat untuk dilakukan sayembara desain Gedung DPR, dan itu sudah diputuskan untuk disayembarakan," kata Agung di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 10 Februari 2009.

Desain itu, kata Agung, bukan berarti membangun baru, namun merupakan pegangan bagi siapa saja nantinya, baik pimpinan maupun anggota DPR di masa mendatang. Ketika uang negara sudah cukup, maka dapat membangun gedung yang tidak asal bangun, tidak asal bongkar, dan tidak asal merobohkan. "Karena sudah ada pedoman atau grand design-nya."

Kalau dibiarkan tanpa grand design, maka pembangunan bisa menjadi tidak terencana dan kesannya akan terlihat kumuh. Tidak baik dari segi estetika.

Desain ini harus disayembarakan secara terbuka. "Karena ini rumah rakyat, maka untuk merancangnya, dilibatkanlah rakyat sebanyak-banyaknya. Kan banyak ahli, ada arsitektur, perencana.  Maka silahkan ajukan seperti apa master plan yang baik sehingga tidak menyia-nyiakan yang sudah ada," ujar Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu.

4 Tim Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Indonesia Siap Nyusul?
Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Baru-baru ini, beredar video viral menunjukkan peristiwa kecelakaan pengendara motor menabrak mobil BMW Seri 5 yang sedang ingin menyeberang dari sisi kanan jalan ke arah

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024