Krisis Perusahaan IT

Menkeu Taiwan Tak Intervensi Kasus ProMOS

VIVAnews - Kementerian Keuangan Taiwan menyatakan bahwa mereka tidak akan ikut campur dalam diskusi antara bank pemerintah dengan ProMOS Technologies seputar pinjaman darurat yang dibutuhkan ProMOS.

Dalam kasus yang disinyalir menggambarkan kondisi keseluruhan sektor industri dynamic random acess memory (DRAM) Taiwan, sejumlah bank dijadwalkan akan bertemu Senin, 16 Februari ini untuk memutuskan apakah mereka akan meminjamkan dana sebesar 147 juta dolar AS pada ProMOS. Produsen memori itu menyatakan bahwa mereka harus membayar obligasi sebesar US$ 330 juta dolar yang jatuh tempo Sabtu lalu.

Anggota kabinet lainnya memberikan tanggapan yang berbeda seputar sikap pemerintah terhadap pinjaman untuk ProMOS. Seperti VIVAnews kutip dari Taiwan News, 16 Februari 2009, Menteri Perekonomian Yiin Chii-ming, Jumat lalu memberikan pernyataan yang diinterpretasikan oleh media memberikan lampu hijau terhadap pinjaman. Tetapi menurut pernyataan yang dimuat di situs pemerintah, Minggu kemarin Menteri membantah berita yang beredar. 

Menteri keuangan sendiri menyebutkan bahwa ia menghargai keputusan independen pihak bank, dan tidak akan ikut campur dalam proses negosiasi.

Bank of Taiwan, Land Bank of Taiwan, First Commercial Bank, dan Taiwan Cooperative Bank mengadakan pertemuan ulang Senin, 16 Februari ini setelah pada pertemuan sebelumnya gagal mencapai kesepakatan.

Menurut analis, nasib pinjaman untuk ProMOS diperkirakan akan mempengaruhi kondisi pasar saham. Selain itu, sektor industri DRAM Taiwan, yang sedang menghadapi kompetisi yang sengit dari produsen Korea Selatan juga dipertaruhkan.

Pemerintah Taiwan juga diperkirakan akan menghadapi kritik jika membiarkan salah satu perusahaan terkemuka negeri itu menghadapi masalahnya sendiri di tengah-tengah krisis ekonomi global dan meningkatnya angka pengangguran. Meski begitu, beberapa pengamat ekonomi menyatakan bahwa pemerintah harus membiarkan pasar memainkan peranannya dan tidak membiarkan uang dari pembayar pajak digunakan untuk membantu sektor yang sedang limbung.

Gerhana Matahari Bisa 'Mengocok' Emosi Manusia sampai Mewek
Rizky Febian dan Mahalini

Raffi Ahmad Bakal Jadi MC, Kapan Rizky Febian dan Mahalini Menikah?

Raffi Ahmad kembali ramai diperbincangkan. Kali ini, ia mencuri perhatian lantaran mengajukan diri untuk menjadi pembawa acara atau MC dalam acara pernikahan Rizky Febian

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024