Kenali Gejala Gagal Ginjal Kronik

VIVAnews - Selama ini masyarakat menganggap penyakit yang banyak mengakibatkan kematian adalah jantung dan kanker. Padahal ada penyakit lain yang tak kalah mengancam jiwa, dan angka kejadiannya di masyarakat terus meningkat.

Shopee Tawarkan Program Garansi Tepat Waktu, Begini Cara Klaimnya

Penyakit itu adalah gagal ginjal kronik (GGK). Penyakit ini seringkali tidak terdeteksi secara dini. Seringkali, tanpa gejala, tak tahunya si penderita sudah berada pada tahap sudah lanjut.

Padahal, untuk mendeteksinya secara dini bisa dilakukan melalui beberapa tes sederhana. Namun, sebelum anda mengetahui bagaimana mengatasi GGK ada baiknya anda mengetahui gejala penyakit berbahaya dan mematikan ini, antara lain:

- Tubuh sering merasa lemah
- Sulit buang air kecil dan terasa nyeri saat buang air kecil
- Air seni berbuih dan berwarna kemerahan (ada darah dalam air kencing)
- Sering buang air kecil (terutama pada  malam hari)
- Mata sembab
- Sering merasa haus
- Sering merasakan nyeri persendian atau pinggang.

“Gejala-gejala itu perlu diwaspadai. Apalagi wajah, tangan, perut bagian atas bokong dan kaki mengalami bengkak. Jika gejala-gejala tersebut dirasakan pada seseorang segeralah lakukan cek-up ke rumah sakit,” ujar dokter spesialis ginjal, dr. Djoko Santoso dari Siloam Hospitals saat ditemui di Clinic Specialist Siloam Hospitals Plaza Semanggi, Sabtu 21 Februari 2009.

Jusuf Kalla Puji Cara Prabowo Subianto Rangkul Lawan Politiknya
Ilustrasi garis polisi.

Terkuak, Identitas Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi

Mayat korban ditemukan dalam koper di semak-semak.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024