Usaha Kecil Aceh Dapat KUR BNI Rp 26 Miliar

VIVAnews - Sebanyak 155 pengusaha kecil di wilayah Nanggroe Aceh Darussalam mendapat kucuran kredit usaha rakyat sebesar Rp 26,1 miliar dari Bank Negara Indonesia.

BNI KUR merupakan produk kredit bank dengan plafon hingga Rp 500 juta untuk usaha kecil yang feasible, namun belum bankable. Pembiayaan mendapat fasilitas penjaminan dari perusahaan penjamin yang telah ditunjuk pemerintah, yaitu PT Asuransi Kredit Indonesia dan Perum Sarana Pengembangan Usaha.

Kredit itu dikucurkan bersamaan dengan agenda Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam kunjungan ke Aceh, Senin 23 Februari 2009 ini. BNI menyerahkan kredit usaha rakyat kepada tiga perwakilan usaha kecil, yakni Irfan Yunus (usaha bengkel), Abdul Halim (usaha kue), dan Azimar (pedagang souvenir).

Direktur Usaha Kecil, Menengah dan Syariah BNI Achmad Baiquni mengatakan, penyaluran kredit usaha kecil ini merupakan bentuk keseriusan ban dalam membantu pemerintah memberdayakan usaha kecil sekaligus untuk meningkatkan porsi kredit segmen usaha kecil dan menengah. "Kami berharap  fasilitas kredit ini juga menjadi salah satu rangsangan bagi pengembangan perekonomian daerah di Nanggroe Aceh Darussalam dengan berbasis pada pengembangan usaha kecil dan pemberdayaan wirausahawan baru," katanya.

Bank menyalurkan KUR dengan tiga pola penyaluran, yaitu disalurkan langsung kepada debitor, koperasi,  dan perusahaan inti untuk usaha plasma/binaan. Hingga akhir Januari 2009, bank telah menyalurkan KUR sebesar Rp 1,16 triliun kepada 8.896 usaha kecil di seluruh Indonesia.

Pengusaha kecil ini terdiri dari beberapa sektor usaha, yaitu sektor perdagangan dan rumah makan (77 persen), sektor pertanian dan sarana pertanian (10,1 persen), sektor jasa 5,9 persen, industri pengolahan (4,8 persen), sektor konstruksi (1,0 persen)  dan sisanya
untuk sektor-sektor lainnya.

Gak Betah Jadi Duda, Anwar Fuady Bakal Nikah Lagi di Umur 77 Tahun
Ilustrasi Demam Berdarah Dengue (DBD)

Waspada! DBD di Indonesia Melonjak Hampir 3 Kali Lipat pada Kuartal I 2024

Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) terjadi di Indonesia pada kuartal I tahun 2024. Hingga Maret 2024, terdapat 43.271 orang yang menderita DBD dan 343 jiwa meregang nyawa.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024