Longsor di Garut Halangi Perlintasan KA

Jalur Selatan Ditutup Tiga Hari

VIVAnews - Longsor yang melanda wilayah Garut, sejak sore, Selasa, 24 Februari 2009 mengakibatkan jalur kereta api arah selatan ditutup selama tiga hari, karena tertimbun longsor.

PT Kereta Api Indonesia Derah Operasi 2 Bandung menyatakan jalur selatan ditutup selama tiga hari karena jalur yang harus diperbaiki sepanjang 75 meter, sehingga memakan waktu cukup lama.

"Jalurnya mencapai 75 meter, jadi memakan waktu cukup lama," kata Kepala Humas Daop 2 Bandung, Bambang Setyo Prayitno kepada VIVAnews, Selasa 24 Februari 2009.

Menurut Bambang, selama waktu tersebut, perjalanan kereta api baik dari barat menuju ke timur ataupun sebaliknya dialihkan sementara ke utara. Melewati Cikapek, Puwakarta dan Cirebon.

Dihubungi terpisah Camat Malangbong, Kab Garut, Nandang Sulaksana, membenarkan longsor terjadi di wilayahnya. Menurutnya kejadian tersebut tepatnya terjadi di Kampung Cikadongdong, Desa Cikarang, Kec Malangbong, Kab Garut.

"Benar, saat ini saya sedang dilokasi, takut ada warga saya yang tertimbun longsor," ujarnya singkat saat dihubungi VIVAnews.

Menurutnya kejadian tersebut diakibatkan hujan yang terus mengguyur wilayahnya selama satu pekan terakhir ini. "Sebenarnya tanahnya tidak terlalu labil. Ini diakibatkan oleh gerusan air hujan," tuturnya.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

Sementara evakuasi masih menunggu terang. "Baru besok dievakuasi, selain hujan yang terus mengguyur, juga gelap sehingga tidak leluasa, ditambah tanah yang dillintasi rel terdapat mata air, jadi mudah rapuh,"

Laporan: Sigit Zulmunir | Bandung

Pemudik Harus Hati-hati, Ada 19 Perlintasan Kereta Api di Brebes Tanpa Palang Pintu 
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024