Kubu Sultan Gelar Pertemuan Tandingan

VIVAnews – Dewan Pimpinan Daerah Provinsi Sumatera Utara akan mengadakan pertemuan khusus pekan ini. Forum itu, menurut Anton Lesiangi, Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golongan Karya, untuk merapatkan barisan pendukung Sri Sultan Hamengku Buwono X menjadi satu-satunya calon presiden beringin.

Jokowi Tegaskan Tidak Bentuk Tim Transisi untuk Prabowo-Gibran, Kecuali Diminta

“Mereka akan berkumpul untuk menyatakan dukungan kepada Sultan. Pertemuan itu juga akan mengundang Sultan,” kata Anton, teman dekat Sri Sultan, kepada VIVAnews.

Sultan dinilai paling layak mendapat dukungan dari Partai Golkar karena popularitas yang dipunyai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta itu jauh mengungguli sejumlah kader senior partai beringin lainnya.

Sekjen PKS: Selamat Bertugas kepada Pak Prabowo dan Wakilnya

“Kenapa harus mendukung Jusuf Kalla?. Popularitas Sultan lebih bagus,” kata Anton. “Disurvei, kapasitas Kalla sebagai calon presiden 1,1 %. Sultan 29 %. Dia  di bawah Megawati 35 % dan Susilo Bambang Yudhoyono 38 %.”
Lebih lanjut Anton mengatakan, forum itu akan dihadiri bukan hanya petinggi partai di tingkat provinsi. Melainkan juga petinggi di tingkat kota dan kabupaten.

Di DPD Sumatera Utara terdiri dari 33 pimpinan tingkat kota dan kabupaten. Dari jumlah itu, kata Anton, sekitar 15 pimpinan menyatakan hadir. Anton memperkirakan akan ada banyak pimpinan lagi yang datang ke forum itu untuk memberi dukungan kepada Sultan.

Kota Ini Sahkan Undang-undang yang Izinkan Guru Bawa Senjata Api ke Sekolah

Anton mengatakan pertemuan di Sumatera Utara bukan untuk menandingi rapat akbar Dewan Pimpinan Daerah Sulawesi Selatan 1 Maret 2009 yang digelar untuk menguatkan barisan pendukung Jusuf Kalla.

“Tidak ada urusannya dengan di Makassar. Itu kerjaan orang sakit,” kata Anton. “Karena dukungan riil itu dari pimpinan tingkat dua (kabupaten, kota), bukan tingkat satu saja (provinsi).”

Itulah sebabnya penggalangan dukungan petinggi daerah di Makassar Anton anggap tidak banyak berpengaruh. Karena yang paling menentukan bagi kemenangan calon presiden adalah dukungan ketua partai tingkat kota dan kabupaten seperti yang dilakukan kubu Sultan.

Anton yakin gerakan yang dibangun di Sumatera Utara bakal memancing Dewan Pimpinan Daerah lainnya untuk mengadakan pertemuan serupa.

Konstelasi politik di tubuh partai beringin memanas setelah penjaringan calon presiden internal partai dibuka Februari.  Kubu-kubuan di partai beringin menjadi terang ketika para petinggi daerah datang ke rumah kontrakan Jusuf Kalla Kamis 19 Februari 2009. Mereka mendesak Kalla siap dicalonkan jadi presiden. Dan Kalla menyanggupinya.

Tidak sampai di situ saja, petinggi daerah pendukung Kalla akan kembali menggelar pertemuan untuk menindaklanjuti kesiapan Kalla maju jadi presiden di Makassar.

Namun, sebelum rapat akbar kubu Kalla digelar, pendukung Sultan sudah  memotongnya. Mereka bakal mengadakan pertemuan besar-besaran di Sumatera Utara untuk menguatkan dukungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya