Minimalkan Cedera Saat Berolahraga

VIVAnews - Ketika berolahraga, beberapa anggota tubuh tertentu sangat rentan mengalami cedera. Namun, tak perlu menjadi cemas ketika berlatih. Untuk menghindari cedera saat berolahraga, ada triknya!

- Pergelangan Kaki
Bagian tubuh inilah yang menanggung berat tubuh Anda selama berdiri, berjalan, atau melakukan aktivitas lainnya. Hal ini yang menyebabkan pergelangan kaki sering terkilir atau keseleo, akibat tubuh kehilangan keseimbangan yang bertumpu pada kaki.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Pada pergelangan kaki terdapat tiga ligamen lateral (urat yang berada di sisi samping). Jika terkilir berarti ada ligamen yang sobek atau pecah. Parahnya, bahkan sampai ada yang terpisah dari tulang pelekatnya. Bila kaki Anda terkilir, sebaiknya Anda istirahat penuh, karena bila Anda memaksakan untuk berjalan, kemungkinan sembuhnya hanya 80%.

- Pergelangan tangan
Selain bisa terkilir, bagian tubuh ini mudah sekali mengalami patah tulang. Pasalnya, tulang pergelangan tangan (scaphoid) yang berada di bawah ibu jari ini bisa dibilang lebih ‘rapuh’ daripada tulang lainnya.

Bila cedera, sebaiknya segera ditangani oleh dokter spesialis bedah tulang. Untuk menghindarinya, Anda juga harus berkonsentrasi saat melakukan aktivitas olahraga tersebut, karena cedera ini mudah terjadi bila Anda dalam keadaan lelah.

- Lutut
Banyak jenis cedera yang bisa terjadi pada lutut. Dari mulai otot lutut yang bergeser, sampai kepada patah tulang. Bagian yang biasanya mudah patah adalah tulang rawan, yang merupakan penyambung antara tulang kering dan tulang keras pada kaki.

Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

Bentuknya menyerupai gulungan kecil yang mampu menahan tekanan yang terjadi pada bagian kaki. Untuk menghindari cedera, sebaiknya Anda tidak terlalu memaksa lutut untuk melakukan gerakan olahraga yang tidak sesuai dengan kemampuan Anda. Latihan keseimbangan juga dapat menambah kekuatan tulang lutut Anda.

- Bahu
Gerakan mengayunkankan lengan ke depan dan belakang pada saat olahraga bisa membuat otot lengan bagian dalam mudah sekali cedera. Jika Anda kurang hati-hati bagian dari serat tendon bisa saja putus tanpa diketahui. Saat Anda melakukan gerakan senam dan angkat beban, gerakkanlah lengan dengan seksama, dan sesuai kemampuan, sehingga cedera pun dapat dihindari.

Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024