PNPM Pekerjakan 18,4 Juta Orang

VIVAnews - Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat  Mandiri telah mempekerjakan 18,4 juta orang di seluruh pelosok desa. Sebanyak 14,4 juta orang di antaranya mendapatkan bantuan langsung.

"Sedangkan empat  juta orang telah secara langsung bekerja dan dibayar melalui program ini," kata Menteri Koordinator Kesejahteraan Masyarakat Aburizal Bakrie saat Raskin Award 2008 di kantor Bulog Gatot Subroto, Jumat, 27 Februari 2009.

Menurut Aburizal, pada 2008, program PNPM Mandiri telah melampaui target desa sasaran. Pemerintah menargetkan desa sasaran sebanyak 36 ribu desa, sedangkan realisasinya sudah mencapai 57 ribu desa.

"Dengan program ini, 7 ribu pekerja yang terkena PHK juga bisa ditampung dengan PNPM," katanya. Aburizal menjelaskan program PNPM Mandiri telah mendorong masyarakat untuk mendapatkan modal bekerja. "Bisa bekerja di infrastruktur pedesaan atau UKM," katanya.

Di saat yang sama, Kementerian Koordinator Kesejahteraan Masyarakat dan Perum Bulog memberikan penghargaan kepada kabupaten dan kota yang dinilai berhasil dalam penyaluran beras miskin (raskin) untuk periode 2008. Penghargaan pertama diberikan kepada Kota Dumai Kepulauan Riau dan Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo.

Penghargaan ini, menurut Aburizal, menegaskan pentingnya peran pemerintah yang sungguh-sungguh mendahulukan kepentingan rakyatnya. Hal tersebut, dia menambahkan, dibuktikan dengan menyediakan dana pendampingan, dana talangan, bahkan dana raskin daerah.

"Ini dapat menjadi motivasi pimpinan daerah lain yang masih enggan untuk melaksanakan program penanggulangan kemiskinan yang menjadi hak rakyat," kata Aburizal.

3 Faktor Cegah Operasi Intelijen Siber, Jangan Terbalik
Ilustrasi Jemaah Indonesia tengah menunaikan ibadah umrah.

Saudi Arabia Permits All Types of Visas to Perform Umrah

Saudi Arabia announced new rules regarding Umrah. This country is allowing holders of various types of visas can perform Umrah.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024