Perdagangan Saham

Investor di Asia Tunjukkan Sentimen Beragam

VIVAnews - Indeks harga saham di kawasan Asia ditutup beragam di akhir perdagangan Jumat sore, 27 Februari 2009. Indeks acuan Nikkei (Jepang) hanya meningkat lebih dari 1 persen, karena kekhawatiran terus-menerus akan keterpurukan ekonomi dan sistem finansial.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Para pialang saham tidak terlalu bersemangat karena lemahnya ekspor di kawasan Asia membuat kondisi ekonomi mengarah ke resesi di tengah anjloknya permintaan, dan juga nilai mata yen yang terus menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Sentimen positif di lantai bursa setelah pemerintah Inggris kemarin mengatakan akan membantu bank-bank bermasalah dengan memberi mereka akses jaminan pemerintah untuk melawan kerugian dan aset bermasalah yang mungkin terjadi di masa mendatang. Tindakan pemerintah Inggris ditambah dengan program tambahan ekonomi tambahan di AS, membantu mengangkat saham Asia.

Indeks Nikkei 225 (Jepang) meningkat 110,49 poin (1,5 persen) menjadi 7.568,42. Di Hong Kong, indeks Hang Seng ditutup melemah 14,05 poin (0,1 persen) menjadi 12.880,89 dan indeks Kospi (Korea Selatan) menguat 0,8 persen menjadi 1.063,03.Di India, indeks utama anjlok 2 persen. Indeks Shanghai (China) jatuh 1,8 persen. Demikian juga indeks di Singapura yang juga menurun.

Sementara itu, nilai tukar dolar AS menurun menjadi 97,80 yen per dolar AS dari 98,27 yen per dolar AS. Nilai tukar euro naik menjadi US$ 1,2715 per euro.

Sementara itu harga minyak mentah melemah di transaksi kawasan Asia. Harga minyak mentah light sweet untuk pengiriman April turun 51 sen menjadi US$ 44,71 per barel. Kamis kemarin, nilai kontrak naik US$ 2,72 (6,4 persen) menjadi US$ 45,22 di New York Mercantile Exchange. (AP)

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024