Bapepam Akan Temui Nasabah PNM

VIVAnews - Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) akan menemui nasabah PT PNM Investment Management untuk menindaklanjuti pengelolaan dana pada manajer investasi itu. Otoritas pasar modal akan memeriksa janji PNM terhadap nasabah serta komitmen perusahaan.

"Nanti kami akan menemui semua nasabah dan mengecek apakah ada janji yang wanprestasi," kata Ketua Bapepam-LK, Fuad Rahmany, di Hotel Intercontinental, Jakarta, Selasa 3 Maret 2009.

Menurut Fuad, pihaknya telah bertemu manajemen PNM beberapa waktu lalu. Pada pertemuan tersebut, PNM telah menjelaskan mengenai instrumen investasinya.

Dia menambahkan, otoritas pasar modal akan memeriksa kembali instrumen investasi yang ditawarkan kepada nasabah. "Hari ini kami sudah mulai mengecek lagi," tuturnya.

Peraturan Bapepam-LK terkait pengelolaan dana masih minim, karena kontrak pengelolaan dana merupakan kontrak antara manajer investasi dan investor. Kontrak pengelolaan dana juga memiliki dua cara investasi, yakni dengan mengalokasikan dana pada instrumen yang diinginkan investor atau  menyerahkan kuasa investasi kepada manajer investasi.

Kontrak pengelolaan dana jenis kedua membuat manajer investasi seolah tidak transparan. "Kalau memang itu yang terjadi, silakan diselesaikan secara hukum, antara nasabah dan manajer investasi," ujarnya.

Peluk Pratama Arhan Usai Indonesia Kalahkan Korsel, Azizah Salsha: Super Proud!
Ivan Gunawan telah ikut proses pencoblosan Pemilu 2024 di Paris, Prancis

Terharu! Ivan Gunawan Resmikan Sebuah Masjid di Uganda, Ucapkan Rasa Syukur kepada Tuhan

Ivan Gunawan meresmikan sebuah masjid yang dia bangun di Uganda. Dalam unggahannya, ia terlihat berbaur bersama warga dan memotong tiga ekor sapi serta bagikan Al- Quran.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024