Chip Grafis

ATI Hadirkan GPU 40 Nanometer Pertama

VIVAnews - ATI, unit bisnis grafis dalam perusahaan Advanced Micro Devices meresmikan chip graphics processing unit pertama yang dibuat dengan teknologi proses 40 nanometer. Chip tersebut memungkinkan VGA berkinerja tinggi dibuat dengan biaya yang lebih terjangkau. Produk juga akan menggunakan konsumsi daya yang rendah.

AMD pertamakali mengimplementasikan produk dengan kode nama M97 atauRV740 tersebut sebagai VGA seri ATI Mobility Radeon HD 4830 dan HD4860. Untuk menghadirkan performa cepat, pada chip tersedia 640 stream prosesor, 32 texture unit, 16 back end untuk render, dan kontroler memori GDDR3/GDDR4/GDDR5 128-bit.

Chip grafis itu dapat bekerja di kecepatan tinggi tanpa menembus batas temperatur normal dan memiliki fungsionalitas serupa dengan varian desktop mereka. Fitur seperti DirectX 10.1, OpenGL 3.0, kemampuan memutar HD Video secara hardware, dan lain-lain juga tersedia.

“Pengguna saat ini mulai condong ke komputer mogile, dan inovasi mobile GPU 40 nanometer menunjukkan bahwa AMD serius untuk menghadirkan hiburan berkualitas PC di notebook,” kata Rick Bergman, Senior Vice President and General Manager of Graphics Products Group AMD seperti VIVAnews kutip dari Xbitlabs, 4 Maret 2009. “Laptop yang menggunakan mesin grafis ini dapat memainkan game pada resolusi HD 1080p atau memutar video full 1080p HD dengan efisien memanfaatkan teknologi ATI PowerPlay dan proses teknologi yang hemat energi,” ucapnya.

Chip grafis terbaru itu memungkinkan produsen notebook menghadirkan produk dengan grafis yang bertenaga dalam ukuran lebih kecil.

“AMD melanjutkan inovasi untuk menghadirkan prosesor grafis berkinerja tinggi, hemat energi, serta dengan fitur terbaru,” kata Mark Liu, Senior Vice President of Advanced Technology Businis TSMC. “TSMC dan AMD memiliki sejarah yang cukup panjang dalam menghadirkan prosesor grafis ke pasar dengan teknologi produksi baru termasuk 90, 80, 65, 55, dan sekarang 40 nanometer,” ucapnya.

Salah satu produsen utama notebook di dunia yakni ASUSTeK Computer Inc. sudah siap memanfaatkan Mobility Radeon HD 4860 mereka pada jajaran notebook seri Asus K mereka.

“Asus selalu berusaha menjadi yang pertama dalam menghadirkan teknologi terbaru pada pelanggan,” kata Henry Yeh, General Manager of Asus Notebook Business Unit. “Peluncuran notebook Asus seri K menunjukkan itu,” ucapnya.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024