Menteri Keuangan Sri Mulyani

Ekspor Indonesia 2009 Masuk Teritori Negatif

VIVAnews - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan ekspor Indonesia akan berada dalam teritori negatif. Jika sebelumnya pemerintah menduga pertumbuhannya 0-5 persen, dengan perkembangan yang terjadi saat ini angkanya di duga di bawah nol persen.

"Ekspor kita jauh lebih rendah dari apa yang kita sampaikan ke DPR. Kondisi ekspor dunia juga turun tajam. Kemungkinan ekspor growth di negative zone. Tadinya kita perkirakan 0-5 persen, tapi sekarang kita perkirakan dalam zona negatif," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani di Gedung Departemen Keuangan, Jakarta, Rabu 4 Desember 2008.

Data ekspor Januari yang dirilis Badan Pusat Statistik menunjukkan nilai ekspor dan impor Indonesia selama Januari 2009 anjlok sekitar 17 persen. Dari catatan BPS  tidak ada satu pun ekspor komoditas yang naik, demikian juga dengan negara tujuan.

Ekspor Januari hanya mencapai US$ 7,15 miliar atau turun sekitar 17,70 persen dibandingkan Desember 2009. Namun jika dibandingkan dengan Januari 2008 (year on year) penurunannya mencapai 36,08 persen. Ekspor non migas tercatat turun US$ 6,21 miliar atau turun 16,67 persen dibandingkan Desember 2008 dan turun 30,64 persen jika dibandingkan Januari 2008.

Penurunan ekspor ini, kata Menkeu, merupakan imbas dari pertumbuhan ekonomi yang drastis selama tiga bulan terakhir. "Akibatnya perdagangan dunia turun tajam. Ekspor impor terpukul, negara tujuan terkena krisis dan negara yang mengimpor juga sedang slow down. Ini menjadi perhatian, karena seluruh perusahaan akan mengalami dampaknya," kata Menkeu.

3.37 Mln Hectares Palm Plantation Inside Forest Area, KLHK Identifies

Penurunan ekpor impor ini, kata Menkeu, akan memberikan konsekuensi pada pembangunan ekonomi Indonesia. "Pertumbuhan untuk turun sangat mungkin dari yang kita targetkan 4,5 persen," katanya.

Karenanya pemerintah sangat berharap dari stimulus fiskal yang akan berjalan mulai minggu ini. "Dampaknya akan Kita lihat pada kuartal dua. Untuk Indonesia, keputusan akan observe di APBN sampai dengan semester I. Kalau perlu justify bisa saja kita bahas dengan DPR," katanya.

AC Milan Jangan Gegabah Ganti Pioli dengan Conte
Catherine Wilson

Catherine Wilson Tuntut Nafkah Rp100 Juta Per Bulan, Idham Masse Ungkap Hal Mengejutkan

Kata Catherine Wilson, suaminya sempat janji untuk menafkahinya Rp100 juta per bulan. Hal tersebut sudah tertuang di perjanjian pranikah Idham Masse dan Chatherine

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024