Gairahkan Perekonomian

10 Departemen Peroleh Stimulus Fiskal


VIVAnews
- Sebanyak 10 Kementerian mendapat dana tambahan stimulus fiskal untuk menggairahkan kegiatan ekonomi dalam negeri.

Menteri Perekonomian, Sri Mulyani Indrawati mengatakan prosedur administrasi ke 10 Kementerian siap dijalankan pada 11 Maret 2009. Pencairan dananya siap pada 18 Maret 2009.

Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir

"Jadi, setelah itu stimulus fiskal sudah mulai jalan," katanya di Jakarta, Kamis, 5 Maret 2009. Total dana stimulus tambahan Rp 12,2 triliun.

Berikut ini perincian anggaran stimulus masing-masing departemen:

Mendukung Perkembangan Voli Indonesia melalui Kiprah Megawati dan Fun Volleyball 2024

1. Departemen Pekerjaan Umum mendapatkan Rp 6,6 triliun. Dana ini diperuntukkan antara lain mencakup kegiatan penanganan bencana banjir Bengawan Solo, perluasan jaringan distribusi dan instalasi air minum, pembangunan irigasi untuk tambak, proyek jalan dan infrastruktur pemukiman.

2. Departemen Perhubungan memperoleh Rp 2,2 triliun terdiri dari pembangunan rehabilitasi jaringan kereta api dan revitalisasi, perpanjangan landasan dan perbaikan bandara, pembangunan bandara baru, rehabilitasi pelabuhan dan dermaga penyeberangan, pelabuhan laut, serta perhubungan darat.
  
3. Departemen Energi Sumber Daya Mineral sebanyak Rp 500 miliar untuk transmisi jaringan dan gardu induk serta pembangunan desa mandiri energi.

4. Kementerian Negara dan Perumahan Rakyat memperoleh Rp 400 miliar yang akan dipakai membangun 40 menara rusunawa bagi TNI, Polri, pekerja, dan mahasiswa. 

5. Departemen Kelautan dan Perikanan memperoleh anggaran Rp 100 miliar untuk infrastruktur perumahan khusus nelayan, daerah perbatasan, serta pulau terpencil.

6. Departemen Pertanian Rp 650 miliar untuk pembanguan infrastruktur jalan, industri, dan irigasi tersier.

7. Kementrian Koperasi dan UKM mendapatkan Rp100 miliar untuk pasar dan pembianaan UKM dan pedagang kaki lima

8. Departemen Perdagangan Rp 335 miliar untuk pengembangan pasar tradisional dan revitalisasi serta rehabilitasi gudang komoditi primer.

9. Departemen Tenaga Kerja mendapatkan Rp 350 miliar yang bertanggung jawab untuk training atas PHK karyawan dan untuk pelatihan tenagakerja.

10. Departemen Kesehatan Rp 150 miliar untuk pembangunan rumah sakit lanjutan (RSCM) dan perluasan. Juga subsidi obat generik dan air bersih.

Selain itu juga tambahan penyertaan modal untuk Askrindo dan Jamkrindo dalam rangka ekspansi KUR senilai Rp 500 miliar.

Polisi bekuk pelaku begal yang bacok siswa SMP di Depok

Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

Begal itu menyasar pelajar dan perempuan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024