BRR NAD-Nias

10 Proyek Perpisahan BRR Diresmikan Kalla

VIVAnews - Masa tugas Badan Rekonstruksi dan Rehabilitasi (BRR) Nangroe Aceh Darussalam-Nias akan berakhir Juli 2009. Jelang perpisahan, lembaga itu menyiapkan 10 proyek terakhir. Proyek senilai Rp 572 miliar itu akan diresmikan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Jumat 13 Maret 2009.

"Sebelum digantikan Badan Kesinambungan Rekonstruksi Aceh dan Nias," kata Kepala BRR NAD-Nias, Kuntoro Mangkusubroto usai menemui Wakil Presiden, Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa 10 Maret 2009.

Selain meresmikan proyek, Kalla juga diminta memberi arahan langkah apa saja yang perlu disiapkan menjelang berakhirnya BRR.

Ditambahkan Kuntoro, BRR menyiapkan dana sebesar Rp 3,5 triliun untuk rekonstruksi Aceh dan Nias selama tahun 2009. Dana sebesar itu dialokasikan untuk Pemerintah NAD sebesar Rp 1,3 triliun, untuk pemerintah Sumatera Utarasebesar Rp 300 miliar, dan Rp 1,9 triliun untuk Pemerintah Pusat di Jakarta. "Pemerintah melalui departemen teknis terkait seperti Departemen Pekerjaan Umum, Dephub dan Depdagri," kata Kuntoro.

Sebelumnya 13 proyek BRR bernialai Rp 715,3 miliar diresmikan Presiden Yudhoyono, diantaranya  Museum Tsunami Aceh, Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Bendungan Keuliling, dan Jembatan Cunda di Lhokseumawe.

Selama 4 tahun bertugas, BRR telah membantu pembangunan 133 ribu rumah, 385 kilometer jalan, 987 gedung pemerintahan, 393 tempat ibadah, dan 12 bandara. Sedangkan anggaran untuk pemeliharaan itu akan diambil dari APBN dan APBD. "Itu merupakan tanggung jawab Pemda dan Pemerintah pusat," kata dia.

Proyek perpisahan BRR:

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

- Pelabuhan Sinabang di Simeulue (Rp 53 miliar)
- Bandara Cut Nyak Dien di Meulaboh senilai (45 miliar)
- Tsunami Memorial Building di Sigli (6 miliar)
- Komplek Kejati NAD dan Kejari di Banda Aceh (100 miliar)
- Jalan Meulaboh – Tapaktuan di Aceh Barat dan Aceh Selatan              (174 miliar)
- Jembatan ADB Aceh Besar, Laguna, dan Lamjamee (35 miliar)
- Gedung Arsip di Banda Aceh (23 miliar)
- SPAM Sabang, Sigli, dan Langsa di Sabang dan Langsa (67 miliar)
- Jalan Access New Town di Banda Aceh (27 miliar)
- Poltek Kesehatan di Aceh Besar (42 miliar)

Ilustrasi anak-anak .

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dalam masa golden age itu, terjadi juga perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024