Sidang Pelemparan Sepatu ke George W. Bush

Si Pelempar Sepatu: Reaksi Saya Normal Kok

VIVAnews - Terdakwa pelempar sepatu ke mantan Presiden Amerika Serikat (AS) George Walker Bush, Muntadhar al-Zaidi, menyatakan diri tidak bersalah dalam sidang di Pengadilan Tinggi di Baghdad, Kamis 12 Maret 2009.

"Reaksi saya normal, seperti warga Irak pada umumnya," kata al-Zaidi pada hakim seperti dikutip laman stasiun televisi BBC.

Pengacara al-Zaidi, Dhiaa al-Saadi mengatakan kliennya hanya menunjukkan pandangan Irak yang menderita akibat invasi AS dan sekutunya pada 2003. Al-Saadi meminta dakwaan yang dikenakan pada al-Zaidi segera dicabut.

Sidang al-Zaidi sempat ditunda sejak 19 Februari 2009. Penyebabnya adalah permintaan tim pengacara untuk mengubah dakwaan yang dikenakan pada al-Zaidi.

Al-Saadi mengatakan kliennya didakwa melakukan serangan pada pemimpin negara asing. Al-Saadi ingin mengurangi dakwaan penghinaan terhadap kepala negara asing yang sedang berkunjung menjadi penghinaan kepada Bush pribadi.

Dampak perubahan dakwaan sangat besar. Jika al-Zaidi tetap didakwa menghina kepala negara asing, ia terancam pidana tujuh hingga 15 tahun penjara. Namun jika dakwaan diubah, al-Zaidi hanya menghadapi ancaman hukuman maksimal dua tahun penjara.

Setelah pengacara menyampaikan permintaannya, hakim ketua Abdul-Amir al-Rubaie menggelar rapat tertutup. Hakim kemudian mengumumkan sidang al-Zaidi akan ditunda hingga hari ini. "Pengadilan perlu waktu untuk meminta keterangan dari Kabinet Irak mengenai keresmian kunjungan Bush," kata al-Rubaie saat itu.

Al-Zaidi merebut perhatian dunia setelah melemparkan alas kakinya ke Presiden Bush saat Bush mengadakan konferensi pers bersama Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki dalam rangka kunjungan perpisahan di Irak, 14 Desember 2008. Melempar sepatu merupakan bentuk penghinaan di negara-negara Arab.

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun
Ilustrasi pengendara sepeda motor

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Baru-baru ini terjadi di media sosial, sebuah video di media sosial memperlihatkan pengendara motor menabrak sebuah mobil pikap hingga terjungkal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024