Lawatan Menteri Perdagangan Ke Cirebon

Temui Sultan Cirebon, Mari Elka Bahas Batik

VIVAnews - Lawatan Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu ke kota Cirebon hari pertama salah satunya mengunjungi Keraton Kanoman Cirebon. Dalam kunjungan itu, Mari berkesempatan bertemu dengan Sultan Keraton Kanoman XII Pangeran Raja Emiruddin.

"Dalam pembicaraan singkat tadi, Sultan meminta bantuan pelatihan untuk pengrajin batik di kota Cirebon," kata Mari Elka Pangestu, di depan Keraton Kanoman Cirebon, Jawa Barat, Sabtu, 14 Maret 2009.

Mari mengaku konsep bantuan masih sedang dicari polanya. "Kemungkinan dengan pola corporate social responsibility (CSR) dari perusahaan," ujar dia. Dalam perjumpaan itu, Sultan Cirebon didampingi dengan adik perempuannya Ratu Raja Arimbi.

Sebelumnya, Mari mengunjungi salah satu industri pembuatan batik Lina's Batik Cirebonan di Jalan Kanoman 54 Cirebon. Pemiliknya, Yenny Kurniati mengaku usahanya sudah ada sejak tahun 1934. "Saya generasi keenam," kata Yenny.

Saat ini, Yenny sedang mengembangkan batik Cirebonan bermotif wayang dalam babad Cirebon. "Umumnya, batik halus selesai dalam waktu lima bulan," kata dia lagi. Berbeda dengan motif negara lainnya, batik Cirebonan terkenal dengan motif warna cerah.

"Saya juga pakai motif Cirebonan yang sudah dimodifikasi," sambut Mari Elka. Setelah kunjungan ke Lina's Batik Cirebonan, Mari dan rombongan inspeksi mendadak ke Pasar Kanoman yang tidak jauh darI Keraton Kanoman.

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5
Lemon dan madu

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Radang tenggorokan saat berpuasa bisa menjadi hal yang menyebalkan. Rasa gatal, perih dan kering di tenggorokan dapat mengganggu ibadah dan aktivitas sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024