Mantan Kapolda Jatim Mundur dari Kepolisian

Bukti Kasus Daftar Pemilih Hanya Fotokopian

VIVAnews - Markas Besar Kepolisian menganulir penyidikan kasus dugaan pemalsuan daftar pemilih tetap (DPT) dalam pilkada Jawa Timur. Penetapan Ketua KPUD Jawa Timur, Wahyudi Purnomo sebagai tersangka juga dibatalkan.

Wakil Kepala Polri, Komisaris Jenderal Makbul Padmanegara mengungkapkan pada 9 Februari 2009 polisi Jawa Timur memang menerima laporan pengawas pemilu. "Barang buktinya berupa kopian daftar pemilih," kata Makbul di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Selasa 17 Maret 2009.

Polisi, tambah Makbul, lantas mempertanyakan bukti yang asli dan saksi-saksi. "Barang bukti diterima pengawas pemilu kan nggak mungkin didapat di jalan," lanjut dia.

Ditambahkan Makbul, perkara tak bisa dilanjutkan karena bukti hanya berupa fotokopi dan tidak ada saksi-saksi yang mendukung. "Kasus ini baru berupa info," tambah Makbul. Tanpa diduga, mantan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Inspektur Jenderal Herman Suryadi Wiredja mengumumkan kasus sudah masuk ke penyidikan.

"Ternyata sampai di sana bukti oleh penyidik masih terbatas, kasus belum bisa ditingkatkan ke penyidikan," kata Makbul. Jika memang ada perbedaan persepsi, markas besar mempersilahkan Herman mengajukan bukti.

Meski menganulir penyidikan, Makbul mengatakan kasus dugaan pemalsuan daftar pemilih belum dihentikan. "Tak ada istilah dihentikan, hanya belum ditingkatkan. Surat perintah penyidikan juga belum dikirim," tambah dia.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Herman Suryadi Wiredja menyatakan mundur dari dunia kepolisian sejak 19 Februari 2009. Dia mengaku kecewa atas dihentikannya penyidikan kasus dugaan pemalsuan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam pilkada Jawa Timur

Herman mengungkapkan ada intervensi Kepala badan Reserse dan Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Susno Duadji untuk menghentikan perkara pemalsuan daftar pemilih.

Menurutnya, penghentian kasus yang dilaporkan pihak Khofifah Indar Parawangsa, janggal.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang
Edukasi Media Center Haji 1445 H/2024

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji, tata cara, hingga kesehatan serta keselamatan selama di Tanah Suci dapat disebarkan secara luas dan cepat melalui media.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024