David Pleat

3 Tim Inggris (Lagi) di Semifinal Champions

Undian babak delapan besar Liga Champions 2008/2009 selesai disusun, Jumat 20 Maret 2009. Juara bertahan Manchester United sangat senang dengan undian itu.

Setan Merah bersua tim yang di atas kertas kemampuannya berada di bawahnya, FC Porto. Jalan United mempertahankan gelar semakin mudah karena hanya akan bersua Arsenal atau Villarreal di semifinal.

Dengan kondisi seperti itu, tiga tim Inggris berpeluang kembali lolos ke semifinal. Mungkin hanya Liverpool yang berada di grup berat karena kembali harus bersua Chelsea dalam lima musim beruntun. Liverpool atau Chelsea harus bersua pemenang antara Barcelona dan Bayern Munich di semifinal.

Pertemuan Chelsea-Liverpool mengindikasikan satu tim Inggris ke semifinal. Berikut prediksi empat partai perempat final:

Villarreal vs Arsenal
(7 & 15 April)

Laga ini menjadi reuni buat Robert Pires yang kini berada di Villarreal. Mantan penyerang Manchester United, Giuseppe Rossi, juga akan kembali ke Inggris.
Arsenal akan punya keyakinan tinggi dengan rekor tak terkalahkan di beberapa pertandingan terakhir. Apalagi, Cesc Fábregas dan Emmanuel Adebayor kembali bermain.
Sedangkan Villarreal menuai hasil tak memuaskan di Liga akibat kekalahan dari Barçelona, Real Madrid dan Sevilla. Tapi, komposisi 4-4-2 ala Manuel Pellegrini tampak kuat di Liga Champions. Tim Spanyol ini tampil konsisten dan percaya diri di kandang. Tapi, Arsenal akan memainkan leg 2 di Emirates sehingga diprediksi akan melaju.

Giuseppe Rossi vs William Gallas

Rossi sangat tajam, meski bertubuh kecil. Ia bisa menempatkan diri dalam posisi pas mencetak gol, juga lewat sundulan. Gallas juga sangat kuat, cepat dan fokus.
Prediksi: Arsenal lolos

Manchester United vs Porto
(7 & 15 April)

United sangat senang dengan undian ini. Sebaliknya dengan Porto yang hanya mengandalkan Lisandro López, pencetak enam gol di Liga Champions musim ini. Lopez diharapkan akan mencuri gol di Old Trafford melawan pertahanan terbaik di Liga Champions.
Helton, kiper asal Brasil, diharapkan tak kehujanan gol di Manchester. Outsiders Porto butuh gol tandang untuk menghidupkan peluang.
Tapi, Sir Alex Ferguson akan melakukan manuver agar anak buahnya mewaspadai leg 2 yang berjalan ketat. Dalam enam pertemuan Porto dua kali menang dan dua seri lawan United. Tapi, di komteisi domestik mereka tertinggal empat poin dari Sporting Lisbon yang kalah besar 1-12 dari Bayern Munich.

Lisandro López vs Patrice Evra

López bermain sebagai penyerang di sayap kanan. Ia berharap bisa menemukan celah di sektor Patrice Evra itu. Lopez bisa belajar dari Aaron Lennon yang beberapa kali bisa melewati bek kiri itu di Piala Liga Inggris (Carling).
Prediksi: Manchester United lolos

Liverpool vs Chelsea
(8 & 14 April)

Kemenangan di kandang Manchester United menguatkan sinyal ancaman Liverpool. Tapi, Chelsea menemukan penampilan terbaik di bawah Guus Hiddink. Apalagi, Chelsea juga memainkan leg 2 di kandang.
Skuad Rafael Benítez tampil ekjselen belakangan ini. Striker kedua tim: Didier Drogba dan Fernando Torres juga dalam penampilan terbaik. Benítez akan beradu pintar dengan Hiddink dalam pertemuan beruntun dalam lima musim ini. Tapi, Chelsea akan bertahan sangat kuat untuk menjaga leg 1 tetap ketat, lalu lolos di leg 2.

Steven Gerrard vs Frank Lampard

Kembalinya Michael Essien membuat Lampard punya peluang merangsek ke depan. Sedangkan Gerrard punya amunisi lebih banyak. Juga power, presisi serta energi untuk bermain 90 menit.
Prediksi: Chelsea lolos

Barcelona vs Bayern Munich
(8 & 14 April)

Ini akan jadi tes tersulit buat Barca. Apalagi, skuad Juergen Klinsmann jadi tuan rumah di leg 2.
Bayern dilewati tim-tim berkualitas di bawahnya di Liga: Hoffenheim, Hertha Berlin dan Hamburg. Tapi, mereka masih punya banyak pemain bagus di beberapa posisi.
Mark van Bommel masih sangat kuat. Tapi, ancaman justru datang dari Franck Ribéry di sisi kiri. Ribery akan mencetak banyak peluang buat Miroslav Klose dan Luca Toni.
Kedua tim ini tak terkalahkan di Eropa musim ini. Tapi, kekuatan serangan Barça bersama Samuel Eto'o, Lionel Messi dan Thierry Henry membuat mereka difavoritkan bursa taruhan 5-2 untuk ke final.

Franck Ribéry vs Daniel Alves

Duel antara Ribéry dan Alves akan menghiasi laga ini. Ribery di sayap kiri Bayern berbenturan dengan Alves di kanan Barca.
Prediksi: Barcelona lolos

Oleh David Pleat
Komentator BBC
Mantan pemain & pelatih beberapa klub Inggris
Copyright @ Guardian

Berita Man Utd: Erik ten Hag Akui Situasi Bermasalah hingga Kekhawatiran Wright Soal Kobbie Mainoo
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Erdi A. Chaniago

Babak Baru Kasus Hoax Rekaman Forkopimda, Palti Hutabarat Diserahkan ke Kejaksaan

Berkas perkara kasus yang menjerat Palti Hutabarat disebut telah lengkap.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024