Menciptakan Kreasi di Rumah Mungil

VIVAnews - Bagi sebagian besar orang, rumah mungil seringkali membatasi pemiliknya untuk bergerak leluasa serta menambah aksesoris dan perabot rumah tangga. Namun dengan sedikit kreasi, rumah mini tersebut bisa diubah agar bisa berfungsi maksimal dan terlihat lapang tanpa harus menambah luas rumah.

Hal itu setidaknya dilakukan arsitek dari Nataneka Arsitek Sukendro Priyoso yang sudah berhasil menyulap rumah mungil menjadi terlihat lebih mewah dan lapang.

"Mungil tidak harus sempit karena skala ruang itu sudah ada aturannya," ujar dia dalam Talkshow Solusi Renovasi Rumah Mungil di The 8th Edition of Annual Event Renovation and Construction Expo di Jacarta Convention Center, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu, 21 Maret 2008.

Untuk diketahui, rumah mungil diidentikkan dengan rumah skala kecil dengan luas tanah 36-70 meter persegi, standar material konstruksi yang tidak maksimal, serta dibangun secara massif oleh pengembang.

Menurut Sukendro, pembangunan rumah harus disesuaikan dengan kebutuhan, gaya hidup, pembiayaan, tidak terpaku dengan tren, memperhatikan alam, serta merupakan bangunan efektif. "Tidak lupa biasakan konsultasi dengan arsitek," katanya.

Sukendro mengatakan, untuk memaksimalkan rumah mungil, pemilik harus bisa memilih furnitur yang dihilangkan atau ditambahkan agar fungsi ruang menjadi lebih fleksibel. Dalam arti, satu ruang bisa berfungsi  banyak dengan solusi desain yang tepat.

Sebagai contoh, sebuah ruang tamu bisa dimaksimalkan fungsinya dengan menggabungkannya sebagai tempat bermain anak, ruang makan, bahkan menjadi ruang tidur. Caranya dengan membuat pembatas yang bisa ditutup dan dibuka sesuai waktu dan fungsinya.

Dalam rancangan Sukendro, sofa yang sebelumnya dibuat untuk tempat duduk tamu bisa diubah menjadi tempat tidur pada malam harinya dengan hanya menarik bagian bawah dari sofa. Pada rancangan lain, juga terlihat deretan lemari-lemari buku yang bisa didorong sehingga hanya terlihat sebagai dinding. "Fungsi ruang bisa sangat dinamis," ujarnya.

Sukendro juga menyarankan agar rumah terkesan luas, pemilik harus bisa mengatur pencahayaan agar bisa tembus ke dalam ruang rumah.

"Saran saya, jika ingin merenovasi rumah mungil jangan terpancing oleh gaya, tapi balik pada diri kita sendiri. Gaya hidup anda seperti apa dan seberapa cukup kemampuan anda," kata Sukendro.    

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5
Lemon dan madu

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Radang tenggorokan saat berpuasa bisa menjadi hal yang menyebalkan. Rasa gatal, perih dan kering di tenggorokan dapat mengganggu ibadah dan aktivitas sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024