Konversi Minyak Tanah ke Elpiji

Penyaluran 23 Juta Paket Konversi Diragukan

VIVAnews- Departemen Energi dan Sumber Daya MineralĀ  pesimistis PT Pertamina dapat mendistribusikan 23 juta paket konversi minyak tanah ke elpiji.

"Saya kok kurang yakin bisa atau tidak," ujar Direktur Bina Usaha Hilir Minyak dan Gas Ditjen Migas DESDM Saryono Hadiwidjojo dalam Seminar dan Workshop Mengenal Bisnis LPG dari Hulu ke Hilir Sebuah Peluang Investasi untuk Pebisnis Lokal di Hotel Nikko, Jakarta, Rabu 25 Maret 2009.

Menurut dia, targetĀ  percepatan konversi yang diembankan pemerintah kepada perusahaan migas plat merah tersebut merupakan tantangan yang harus di jawab dengan pembuktian. Guna mencapai target itu, kata dia, maka tidak ada pilihan lain bagi Pertamina selain merealisasikan pembangunan infrastruktur sebagai pendukung program itu.

Sebab, Saryono menjelaskan tanpa dukungan infrastrukturĀ  dikhawatirkan saat program konversi rampung maka pasokan elpijinya tidak dapat dipenuhi. "Terutama untuk di luar Jawa infrastrukturnya harus menjangkau," tuturnya. Bukan hanya infrastruktur, kata dia, kunci keberhasilan program konversi adalah sosialisasi yang baik kepada masyarakat.

Terkait dengan itu, selain mengandalkan program konversi elpiji sebagai energi alternatif pihaknya juga telah mengembangkan pembangunan gas kota di beberapa wilayah di Indonesia. Hanya saja, karena biaya pembangunan yang mahal gas kota sulit dikembangkan di Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa
Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024