Rusun bagi 350 Ribu Pekerja Mulai Dibangun

VIVAnews - Pemerintah menargetkan membangun 350.00 unit rumah susun sederhana sewa untuk pekerja selama empat tahun mulai 2009 - 2013. Sepuluh menara twinblok rumah susun sederhana sewa (rusunawa) mulai dibangun di Kawasan Industri Kabil, Batam Kepulauan Riau menyusul pencanangan tersebut.
 
Deputi Perumahan Formal Kementerian Perumahan Rakyat Zulfi Syarif Koto mengatakan 10 tower rusunawa pekerja mulai dibangun 14 Maret lalu setelah dicanangkan Maret lalu oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Dalam empat tahun, sejak 2009 diharapkan sudah berdiri 350.000 unit rusunawa," katanya di Kantor Kementerian Perumahan Rakyat Jakarta, Jumat 26 Maret 2009.
 
Sepuluh twinblok rusunawa pekerja di kawasan industri Kabil Batam, kata Zulfi, yang dibangun di lahan seluas delapan hektare diperkirakan menghasilkan 1.000 unit rusunawa dengan dana dari Jamsostek.
 
Selain kawasan industri Batam, beberapa kawasan indutri di Jabodetabek siap untuk membangun rusunawa pekerja dengan lahan mencapai 37,6 hektare. Diantara lahan yang sudah siap adalah kawasan pabrik M2000 dan Jababeka. "Himpunan Kawasan Industri mengatakan tersedia 600 hektare lahan yang siap dibangun di seluruh Indonesia," katanya.
 
Pemerintah, menurut Zulfi, memfasilitasi perizinan hingga proses pemilikan. Dia mencontohkan, pemerintah akan memfasilitasi kepemilikan sewa.Sebab, rusunawa yang diperuntukkan bagi pekerja sewanya murah sementara pengusaha kurang berminat jika membangun dengan marjin keuntungan (IRR) yang rendah.
 
Program rusunawa kawasan Industri sejalan dengan PP No.39/2009 mengenai kawasan Industri yang mewajibkan industri masuk ke dalam kawasan. Dalam peraturan tersebut disebutkan, kawasan industri dengan luas diatas 200 hektar wajin memiliki perumahan. Pada pelaksanaannya, kata Zulfi, kementerian akan bekerjasama dengan Departemen Perindustrian dan Direktorat Cipta Karya Departemen PU.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 20 April 2024
ilustrasi zodiak

Ramalan Zodiak Sabtu 20 April 2024, Sagitarius: Hati-hati dengan Teman Dekat

Ramalan zodiak Sabtu, 20 April 2024. Scorpio, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam properti. Sagitarius, waspadalah teman dekat.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024