Tanggul di Ciputat Jebol, 16 Tewas

Air Satu Danau Langsung Kering

VIVAnews - Jebolnya tanggul di Situ Gintung sekitar pukul 04.30 WIB, Jumat 27 Maret 2009 benar-benar membuat air di danau itu habis. Kesaksian warga sekitar, keringnya danau ini merupakan sejarah dalam 50 tahun terakhir.

"Salah satu sesepuh warga yang sudah bertahun-tahun tinggal di sini mengatakan, ini baru terjadi selama 50 tahun terakhir," kata Naseb (60), warga Cirendeu yang sejak kecil tinggal di sekitar situ tersebut.

Pantauan wartawan ANTV, Eko Ardiyanto, akibat jebolnya tanggul, air danau tersebut menghantam rumah warga yang berlokasi di sekitar danau, di antaranya Kompleks Cirendeu Permai dan Kompeks Kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta. Seluruh warga dievakuasi ke lokasi yang lebih tinggi dariĀ  tempat kejadian.

Ratusan petugas dari PMI, Brimob, pemadam kebakaran dan tim SAR terlibat dalam evakuasi warga. Korban tewas akibat tanggul jebol ini untuk sementara mencapai 16 orang. Air bah menerjang saat warga sedang tertidur lelap sehingga banyak yang tidak sadar ketika musibah terjadi.

Menteri AHY Janjikan Ini soal Pengadaan Lahan untuk Proyek Strategis Nasional
KPK Tahan 15 Tersangka Kasus Pungli Rutan Sendiri, Salah Satunya Karutan

ICW Soroti Kasus Pungli di Rutan KPK: Betapa Bobroknya Lembaga Antirasuah Itu

KPK menetapkan sebanyak 15 orang menjadi tersangka kasus pungli di rutan KPK. Salah satunya kepala rutan.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024