Kredit Bermasalah Sektor Agribisnis Tertinggi

VIVAnews - Kredit investasi untuk pembiayaan agribisnis diperkirakan memiliki rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) tertinggi, yakni tujuh persen.

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

Menurut ekonom The Indonesia Economic Intelligence (IEI) Sunarsip, tingginya NPL di sektor agribisnis karena tingkat risiko bisnis yang juga tinggi.

"Sektor agribisnis berisiko gagal cukup tinggi karena terkait dengan musim dan faktor eksternal lainnya," kata dia dalam diskusi bertajuk "Kinerja Ekonomi dan Keuangan Terkini serta Outlook 2009' di Jakarta, Minggu 29 Maret 2009.

Selain itu, dia menambahkan, jatuhnya harga komoditas ikut mempengaruhi tingginya NPL. "Akibatnya, kemampuan membayar perusahaan menjadi rendah," kata dia.

Meski demikian, NPL kredit investasi di sektor properti mencetak pertumbuhan tertinggi hingga dua kali lipat pada Januari 2009 dibandingkan November 2008.

"Pada Januari, NPL investasi properti menembus angka empat persen dan tren selanjutnya terus meningkat," kata ekonom IEI lainnya, Sri Yani Kusumastuti.

Yani menjelaskan, NPL untuk kredit investasi menempati porsi terbanyak dibandingkan kredit modal kerja dan kredit konsumsi. Namun, dia menambahkan, tren peningkatan NPL terlihat pada kredit konsumsi yang pertumbuhannya semakin cepat.

"Wajar saja kalau pertumbuhannya cepat, misalnya NPL kartu kredit bisa di atas 10 persen karena perilaku perbankan yang mempermudah perolehan kartu kredit di masyarakat," ujarnya.

Namun, secara rata-rata, NPL total kredit masih di bawah lima persen. Posisi Januari 2009, NPL lebih dari 3,5 persen. "Oleh Bank Indonesia masih di angka aman," kata Yani. Namun, dia menambahkan, NPL semua sektor cenderung meningkat.

"NPL di atas 5 persen ada pada sektor perindustrian dan sektor konstruksi," ujarnya.

Indonesia All Star Diisi Pemain Terbaik Guna Hadapi Red Sparks

Sektor perindustrian dengan NPL tertinggi, yakni enam persen, sedangkan sektor konstruksi 5,5 persen. Sisanya, NPL sektor pertanian, perdagangan, restoran dan hotel, serta sektor pertambangan masih di bawah lima persen.

Prabowo Subianto tiba di Malaysia.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Menurut Sekjen AMMI Arip Nurahman, langkah dilakukan Prabowo ini, agar menjaga situasi tetap kondusif serta menghindari terjadinya perpecahan diantara sesama anak bangsa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024