RBT dan Blacklist SMS Banyak Diminati

VIVAnews - Layanan value added service (VAS) XL mengontribusikan sekitar 6 persen terhadap total pendapatan XL di tahun 2008 lalu. Pendapatan tersebut didapat dari digunakannya layanan VAS oleh 30 persen total pelanggan XL.

Dari jajaran VAS yang dimiliki XL, Ring Back Tone (RBT) masih menjadi layanan yang paling dominan. Pada akhir tahun lalu pengguna RBT XL mencapai sekitar 4 juta pelanggan. “Dalam waktu empat bulan, dari Desember sampai April, jumlah pengguna RBT kami bertambah lagi 1 juta, menjadi sekitar 5 juta pelanggan,” kata I Made Harta Wijaya Vice President VAS dan Marketing XL pada peluncuran layanan Fun and Excitement di Jakarta, 2 April 2009. 

Pertumbuhan layanan VAS yang signifikan tersebut juga dipengaruhi oleh layanan baru bertajuk SMS Plus. SMS Plus sendiri merupakan layanan yang memiliki fungsi untuk auto forward, auto copy, auto blacklist, dan auto reply tiap pesan singkat yang diterima pengguna layanan.

“Sejak soft launch 2 bulan lalu, jumlah pelanggan SMS Plus pada bulan pertama langsung tercatat 56 ribu pengguna. Pada bulan kedua, bertambah lagi menjadi 128 ribu,” kata Harta Wijaya. “Fitur yang paling sering digunakan pada layanan itu adalah auto blacklist,” ucapnya.

Dalam menyediakan konten, XL juga bekerjasama dengan sejumlah content provider. Sampai saat ini, jumlah CP yang melakukan kerjasama dengan XL mencapai 120 perusahaan penyelenggara.

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil
Sapi Albino Ko Muang Phet.

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

Thailand Prime Minister Srettha Thavisin welcomed an extraordinary visitor at his offices, an enormous white buffalo named Ko Muang Phet.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024