Riset Nielsen

Orang Indonesia Makan di Luar 3 Kali Sepekan

VIVAnews - Konsumen Indonesia rata-rata makan di luar rumah sebanyak tiga kali dalam sepekan. Demikian hasil riset Nielsen Indonesia dalam studinya terhadap 510 pengguna internet pada periode pertengahan September hingga awal Oktober 2008.

Sebanyak 44 persen konsumen menyatakan bersantap keluar rumah antara satu hingga tiga kali dalam sepekan. "Dari 44 persen tersebut, sebanyak 5 persen menyatakan setiap hari makan di restoran," kata Direktur Eksekutif Riset Konsumen Nielsen Indonesia Catherine Eddy di Jakarta, Jumat 3 April 2009. 

Sedangkan pada riset yang sama pada 26.202 pengguna internet di 52 negara yang 7.060 orang di antaranya di Asia Pasifik, dan 510 orang di antaranya ada di Indonesia, menunjukkan kecenderungan yang sama. Sebanyak 44 persen konsumen global makan di luar antara satu hingga tiga dalam sepekan. Sedangkan 39 persen hanya menikmati makan di luar rumah sekali dalam sebulan, bahkan kurang.

Sementara untuk konsumen di Asia Pasifik, makan di luar rumah lebih sering daripada konsumen di kawasan lain, khususnya di Hong Kong 31 persen makan di restoran setiap hari. Sebaliknya, konsumen Eropa yang paling jarang makan di luar. 56 persen mengatakan makan di restoran hanya sekali bahkan kurang dari sekali dalam sebulan.

"Frekuensi makan di luar di berbagai negara sangat mencerminkan budaya lokal," kata Catherine. 

Walaupun banyak negara di Asia menempatkan penekanan pada sosialisasi di luar rumah, dia menambahkan, budaya Eropa lebih fokus pada diskusi di meja makan. Survei ini juga menjadi indikasi bahwa Eropa sedang mengencangkan ikat pinggang dan membatasi hiburan di luar rumah. "Sedangkan Asia sedikit pengaruhnya," ujarnya.

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973
Fitri Carlina dan Rafael Struick

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Saking bahagianya, Fitri Carlina sampai terlihat menundukan kepala dan menangis bahagia atas kemenangan Timnas Indonesia saat melawan Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024