Teliti Sebelum Beli Suplemen

VIVAnews - Belakangan, berbagai jenis suplemen makanan marak dijual di pasaran. Para produsen suplemen makanan berlomba mengklaim bahwa produk  mereka kaya akan vitamin, mineral, atau zat tertentu yang amat bermanfaat bagi tubuh.

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Khasiat yang ‘dijual’ pun beragam, dari menurunkan  kolesterol, membantu melangsingkan badan, meningkatkan vitalitas, menghaluskan kulit, hingga menunda penuaan.

Tapi,  jangan mengonsumsi suplemen makanan hanya demi gengsi, atau mengikuti trend. Pertimbangkan dengan baik, apakah Anda benar-benar membutuhkannya (sedang hamil, pekerja keras, sedang stres, pecandu rokok). Juga pertimbangkan daya beli dan manfaat  yang diinginkan. Berikut hal-hal yang perlu Anda cermati.

- Biasakan membaca dengan cermat setiap informasi  yang tercantum pada kemasan produk. Jangan terbius untuk mengkonsumsi sesuatu yang sesungguhnya tidak dibutuhkan.

- Jangan mengonsumsi suplemen makanan secara berlebihan. Beberapa pakar tidak menganjurkan pemakaian jenis vitamin dan mineral dalam jumlah megadosis (dosis besar), atau lebih besar dari 100% kecukupan gizi yang dianjurkan RDA (Recommended Dietary Allowances) karena dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. 

- Dalam kemasan suplemen makanan tercantum berbagai macam kandungan vitamin, mineral, dan zat gizi. Ada beberapa istilah yang pengertiannya sama, seperti asam askorbat atau ascorbic acid untuk vitamin C, alphatocopherol untuk vitamin E, kalsiferol untuk vitamin E, thiamine HCL untuk vitamin B1, riboflavine untuk B2, nicotinic acid atau nicotinamide untuk vitamin B3, phantotenol atau phantotenic acid untuk vitamin B5, pyridoxine HCL untuk vitamin B6, dan cobalamin untuk vitamin B12.

- Perhatikan kandungan gizi dan dosisnya (% dari RDA), jangka waktu kedaluwarsa, aturan pemakaian dan registrasi dari Depkes. Ada baiknya jika tercantum ‘Laboratory guarantee’ dari produsen.

- Bagi penderita alergi, pilih suplemen yang pada labelnya tertera: ‘Tidak mengandung zat pengawet, pewarna zat, atau zat tambahan lain’.

- Sebelum memilih suplemen, ada baiknya Anda berkonsultasi pada dokter. Terlebih jika Anda tengah menjalani pengobatan.

Kembaran Yamaha Aerox 155 di Malaysia, Yamaha NVX 155 dapat warna baru

Yamaha Aerox 2024 Makin Sporty dan Elegan dengan Warna Barunya

Yamaha NVX 155 atau yang dikenal sebagai Yamaha Aerox 155 di Indonesia kini mendapatkan pilihan warna baru di Malaysia. Ada 4 warna baru yang diberikan pada skutik ini.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024