Tubuh Gemuk Sulit Punya Anak?

Tanya:
Sebulan lagi, saya (30) akan melangsungkan pernikahan. Namun, ada satu hal yang saya cemaskan. Saya memiliki tubuh yang tergolong gemuk (BB 67 kg, TB 155cm). Kata orang, kegemukan dapat menyebabkan tersumbatnya saluran telur seseorang. Benarkah begitu? Saya takut sekali tidak dapat hamil.

nxxx@gmail.com

Jawab:
Seseorang baru akan dikatakan infertil bila telah melakukan bercinta teratur selama setahun, namun belum juga hamil meski tidak menggunakan alat kontrasepsi (pencegahan) apa pun.

Peran suami dalam menimbulkan kemandulan sebesar 35%, dan peran istri juga sebanyak 35%. Selebihnya, kemandulan disebabkan oleh faktor X yang kadangkala sukar ditentukan (tidak diketahui penyebabnya).

Penyebab terbesar kemandulan adalah adanya infeksi pada alat genitalia bagian dalam. Hal itu bisa saja terjadi baik pada pria maupun wanita. Secara langsung, kegemukan tidak ada hubungannya dengan infertilitas.

Tidak ada masalah sulit hamil yang disebabkan oleh kelebihan berat badan. Kegemukan lebih dekat hubungannya dengan masalah sulit melakukan bercinta. Hal ini biasanya terjadi pada pasangan yang sudah termasuk obesitas (terlalu gemuk). Saya pikir, Anda belum termasuk dalam kategori itu.

Bila Anda berdua dalam keadaan subur dan tidak menemui kesulitan dalam melakukan bercinta, maka hilangkan kerisauan itu dalam pikiran Anda.  Jika masih ragu, Anda berdua dapat memeriksakan diri masing-masing pada ginekolog untuk memastikan apakah ada masalah atau tidak.

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Saat hendak diamankan, massa yang geram sempat menghakimi pelaku berulang kali hingga babak belur. Bahkan polisi sempat dibuat kewalahan dengan banyaknay massa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024