Pemilihan Umum 2009

Di Sumbar PKS Unggul Atas Golkar

VIVAnews - Hasil perolehan suara sementara di Suamtera Barat, hingga siang ini, Jumat 10 April 2009 di 38 TPS, Partai Keadilan Sejahtera mengungguli Partai Golkar dengan perolehan 984 suara atau 16,1 persen.

Saat ini, PKS menempati urutan dua setelah Partai Demokrat yang memperoleh 2.354 suara atau 39,9 persen dari total suara sah sebanyak 5.899, lalu di susul Partai Golkar.

Partai Demokrat  hanya kalah dari Golkar di Solok. Sedangkan di Padang Pariaman, Lima Puluh Kota, Padang Panjang, Demokrat menjadi pemenang Pemilu di sejumlah TPS yang telah menyelesaikan proses penghitungan suara.

Sedangkan Partai Keadilan Sejahtera berhasil menyalip Golkar di posisi kedua dengan raihan 948 suara atau 16,1 persen. Demokrat unggul di Padang Pariaman, Lima Puluh Kota, Padang, Padang Panjang.

Sedangkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mampu menyalip Golkar dan berada di posisi kedua. PKS berhasil mengumpulkan 948 suara dengan persentase 16,1 persen.

Peringkat ketiga ditempati Golkar dengan raihan suara 699 suara atau 11,8 persen. PAN berada di posisi selanjutnya dengan 360 suara, PPP 233 suara, Gerindra 210 suara, PDI-P 183 suara, Hanura 102 suara, PKB 40 suara.

PAN justru mampu bersaing dengan Demokrat di Solok dengan raihan 20,3 persen suara dan berada di peringkat ketiga. Sedangkan Golkar menjadi yang terbaik di Solok dengan persentase 24,1 persen dari suara sah sebanyak 212.

PKS berhasil menempati tempat kedua perolehan suara terbanyak di lima daerah tersebut dengan raihan suara yang stabil. Menurut Ketua PKS Sumbar Trinda Farhan Satria, terlalu pagi untuk menilai keberhasilan PKS menyalip posisi Golkar di posisi kedua.

"Terlalu pagi untuk dikomentari karena jumlah TPS yang masuk baru sedikit," ujar Trinda. Ia berharap, kemenangan ini sebagai awal yang baik untuk perolehan suara ke depan.

Laporan: Eri Naldi | Padang

Serahkan Kesimpulan Sidang Sengketa Pilpres, Anies: Semoga MK Beri Keputusan yang Baik
Duel AC Milan vs AS Roma

Prediksi Liga Europa: AS Roma vs AC Milan

Duel AS Roma vs AC Milan dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Olimpico, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024