20 Serangan Hacker ke Pusat Tabulasi KPU

VIVAnews - Ketua Tim Teknologi Informasi Komisi Pemilihan Umum, Husni Fahmi, menyebut sudah 20 serangan hacker mampir ke situs Pusat Tabulasi Nasional. Serangan itu rata-rata ingin mengubah tampilan data.

"Sejak tiga hari lalu dimulainya perhitungan tabulasi, sampai hari ini kalau dihitung-hitung, sudah lebih dari 20 serangan," kata Husni dalam jumpa pers di Pusat Tabulasi Nasional, Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu 12 April 2009.

"Memang sempat ada yang ingin mengubah tampilan laman tabulasi nasional hasil pemungutan suara milik KPU, tetapi segera kami antisipasi," ujarnya. "Modusnya ingin mengubah tampilan data tabulasi, mengembalikan seluruh hasil perhitungan menjadi nol."

Seluruh penyerang itu sekarang, kata Husni, telah diblokir alamat Internet Protocol-nya oleh PT Telkom. Tim TI KPU bisa mengantisipasi serangan karena belajar dari pengalaman 2004 lalu. "Sehingga kami lebih siap mengantisipasi gangguan-gangguan seperti ini," katanya.

Pusat Tabulasi Nasional menampilkan data penghitungan hasil pemungutan suara yang dikirimkan melalui jaringan sistem informasi Pemilu. Data diterima Pusat Tabulasi Nasional dalam bentuk pindaian atas rekapitulasi suara yang dikirimkan KPU kabupaten dan kota seluruh Indonesia.

Cha Eun Woo Nyanyikan Lagu-Lagu Album Entity Saat Fan Concert di Jakarta
Menlu Iran Hossein Amir-Abdollahian (Doc: AP Photo)

Bantu Israel Tahan Serangan Teheran, Menlu Iran Temui Menlu Yordania

Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran, Hossein Amir-Abdollahian bertemu dengan Menlu Yordania, Ayman Safadi, pada Kamis, 18 April 2024, di New York.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024