Robot Penanam Bantu Petani

VIVAnews - Kini, menanam dan merawat tanaman tidak lagi hanya dilakukan oleh manusia tetapi juga oleh robot.

Sebuah robot yang bisa menanam dan merawat tanaman diciptakan oleh para peneliti dariĀ  Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat.

Robot yang mereka ciptakan dapat menyiram tanaman, memanen bahkan membantu penyerbukan. Robot mini yang berharga 3000 dollar Amerika atau sekitar Rp36 juta itu, dapat mengetahui kapan saat tanaman membutuhkan air. Robot akan menyemprotkan air dari pompa yang ada terdapat di tubuhnya.

Jika tanaman sudah memiliki buah, robot akan menggunakan tangannya untuk memetik buah. Robot ini memang diciptakan untuk membantu para petani memudahkan pekerjaan bercocok tanam.

Cara kerja robot ini adalah setiap tanaman dihubungkan dengan jaringan komputer. Melalui sensor yang dipasang, komputer dalam robot bisa mengetahui keadaan tanah dan kebutuhan tanaman, seperti air dan pupuk. Lalu robot juga bisa diprogram untuk mengetahui kapan tanaman akan panen.

Sampai saat ini, robot penanam baru diuji coba pada tanaman tomat kecil atau tomat ceri. Tetapi robot penanam sebenarnya juga bisa diprogram untuk tanaman-tanaman lain.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024