Ubah PC Lawas Jadi Thin Client

VIVAnews - Igel Technology menawarkan kalangan bisnis sebuah kartu yang mampu mengubah PC desktop yang sudah berumur untuk menjadi sebuah thin client. Dengan demikian perlengkapan berusia uzur tersebut dapat digunakan untuk beberapa waktu ke depan.

Menurut IGEL Technology, produsen asal Bremen, Jerman, PC to TC (thin client) Conversion Card juga dapat menawarkan migrasi yang terjangkau ke virtual desktop atau lingkungan komputasi berbasis server. Seperti VIVAnews kutip dari siaran persnya, 13 April 2009, IGEL Technology juga sudah langsung memasarkan produk yang bersangkutan dan salah satu yang sudah mengimplementasikannya adalah sebuah hotel di Boston, Amerika Serikat.

Adapun PC yang bisa dijadikan thin client adalah PC dengan prosesor Pentium II kecepatan 500MHz ke atas, RAM 128MB, kartu VGA dengan memori video minimal 8MB, serta kartu jaringan NE 2000 atau kompatibel.

Kartu tersebut berukuran 3 x 4 inci dan tidak dipasang di motherboard seperti kartu tambahan, tetapi cukup hanya dicantolkan pada casing. Pengguna cukup mencopot kabel IDE dari harddisk dan menyambungkannya ke kartu TC, sehingga komputer akan melakukan boot ke firmware berbasis Linux yang disimpan dalam kartu Compact Flash, di TC card tersebut.

Karena TC card menggantikan harddisk, PC tidak lagi memiliki risiko kehilangan data atau terserang virus. PC juga akan boot lebih cepat. Pada kartu tersebut tesedia aplikasi virtualisasi, konektivitas jaringan, VoIP, driver, dan juga browser Firefox. 
Adapun seluruh aplikasi lain dan data yang akan diguanakan disimpan di di server.

“Pelanggan biasanya memiliki PC tua yang sudah tidak terpakai yang biasanya mereka anggurkan, tetapi tidak dibuang,” kata Frank Lampe, Marketing Director IGEL Technology. “Dengan kartu ini, PC lawas tersebut bisa menjalankan sistem operasi seperti Windows Vista yang dipasang di server, sehingga perusahaan dapat menjalankan OS versi virtual tersebut di PC lawas. Pengguna juga bisa menjalankan sistem operasi terkini tanpa perlu membeli hardware baru,” ucapnya.

IGEL sendiri sudah melakukan penjualan lewat pasar reseller, dengan harga kisaran 130 dolar AS sebelum pajak. Versi SATA dari PC to TC card akan hadir sekitar Juni atau Juli mendatang.

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis
Cawapres sekaligus Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

Cak Imin menjelaskan bahwa pembubaran Timnas Amin akan dilakukan di rumah Anies Baswedan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024