Jasa Marga Segera Komersialisasi Kabel Optik

VIVAnews - PT Jasa Marga Tbk (JSMR) mengungkapkan proyek komersialisasi kabel optik sepanjang 200 kilometer di seluruh ruas jalan tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) hingga Bandung direncanakan mulai beroperasi semester II-2009.

Namun diakui, hingga saat ini belum ada satu perusahaan yang tertarik untuk terlibat menjadi mitra strategis.

"Belum bisa saya bilang, karena memang belum ada (yang berminat)," kata Direktur Utama Jasa Marga, Frans Satyaki Sunito, di kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin 13 April 2009.

Menurut Frans, pengoperasian kabel optik secara komersial tersebut diharapkan dapat berjalan dalam waktu dekat. Kendati belum ada peminat, perseroan juga tidak berencana menggelar tender untuk fasilitas kabel optik tersebut. 

Persib Bandung Bagi-bagi Takjil Gratis, Maskot Ikut Turun ke Jalan

"Kami bukan akan melakukan tender, tapi memilih mitra strategis," ujarnya.

Perusahaan pengelola jalan tol tersebut telah menyelesaikan pemasangan kabel optik sepanjang 200 kilometer pada Januari 2007. Biaya yang dikeluarkan mencapai Rp 18 miliar.

Kabel optik itu diharapkan mempermudah lalu-lintas data antara satu cabang dan lainnya. Selain itu, perusahaan negara tersebut berkeinginan menyewakan kelebihan kapasitas kabel itu agar dapat menyumbang pendapatan tambahan.

Perseroan awalnya menargetkan proses komersialisasi kabel optik ini akan dimulai sebelum akhir 2008.

Gerhana Matahari.

Gerhana Matahari Bisa 'Mengocok' Emosi Manusia sampai Mewek

Menurut NASA, jangan heran jika Anda atau seseorang di sekitar akan menangis ketika menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024