DKI Luncurkan e-Library

VIVAnews - Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta akan meresmikan e-Library (perpustakaan eletronik) di SMU 12 Jakarta Timur. Ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang kian beragam, bukan hanya dalam bentuk media cetak tetapi juga dalam bentuk media rekam.

"Ini yang pertama dilakukan di Indonesia, diharapkan nanti semua sekolah ikut bergabung agar bisa bertukar buku dari setiap perpus dengan sistem online," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto, saat peresmian E-Library di SMU 12 Jakarta Timur, Selasa, 14 April 2009.

Perpustakaan ini diharapkan bisa mempermudah semua siswa dan guru untuk mendapatkan buku-buku dan jurnal melalui jaringan Internet. "Jadi mereka bisa langsung download saja bahan-bahan yang dibutuhkan," imbuhnya.

Mengingat selama ini perpustakaan setiap sekolah terbatas pada buku-buku yang dimilikinya saja. Dengan adanya E-Library setiap sekolah bisa saling bertukar koleksi buku dan jurnal yang dimilikinya.

"Jadi selamat tinggal perpustakaan konvensional," katanya. Kerjasama dalam bentuk online ini dibantu oleh Telkom.

Selain itu, E-Library ini juga akan membuat siswa lebih semangat untuk mencari buku.

"Kita tahu saat ini kaum muda sangat menggandrungi internet, mereka lebih mudah tanpa cape-cape mencari buku di perpus," tegasnya.

Kepala Sekolah SMU 12, H Jahidin mengatakan E-Library yang dimilikinya terdapat 600 koleksi jurnal dan buku dalam bentuk hardcopy. Sedangkan untuk softcopy yang bisa langsung di download terdapat 60 koleksi.

"Masih ada 6 ribu koleksi yang kita akan buat soft copynya," tambahnya.

Perpustakaan ini memiliki 15 unit komputer yang bisa diakses untuk setiap siswa mulai jam 8-12. "Nanti diharapkan semua sekolah bisa ikut bergabung dalam E-Library ini, agar kita bisa saling bertukar koleksi buku dan jurnal," ujarnya.

Jadi bagi siswa atau sekolah lain ingin mendonwload jurnal, tidak perlu ke datang perpustakaan, silakan saja kunjungi situs www.sman12jkt.sch.id. Begitu juga untuk peminjaman buku dengan sistem online.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf
Enam tersangka yang terjerat dugaan kasus narkoba di Jaksel

Selebgram Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba Karena Isap Rokok Elektrik Rasa Ganja

Dari keenam orang yang jadi tersangka diantaranya adalah selebgram yakni Chandrika Chika.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024