Waspadai Flu Singapura di Sekolah Elit

VIVAnews - Dinas Kesehatan DKI Jakarta terus berupaya mencegah meluasnya wabah flu Singapura di Ibu Kota. Sosialisasi gencar dilakukan di sekolah-sekolah.

"Terutama sekolah-sekolah elit, karena penderita penyakit ini kebanyakan ditemukan di rumah sakit elit seperti RS Pluit, Pondok Indah, dan Kelapa Gading," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emmawati, di Balai Kota, seperti dikutip situs resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Senin 20 April 2009.

Flu Singapura disebabkan virus Enterovirus Coxsackie A16 dan Enterovirus 71. Penyakit ini biasanya menyerang anak-anak usia di bawah 10 tahun.

Flu akibat Enterovirus Coxsackie A16 tak berbahaya dan dapat diatasi dengan obat jenis antibiotik. Sedangkan virus Enterovirus 71 lebih berbahaya sehingga penderita harus mendapat penanganan lebih intensif. "Tetapi varian virus tipe Enterovirus 71 memang belum ditemukan di Jakarta," ujarnya.

Data Dinas Kesehatan DKI, sepanjang awal 2009 ini, telah ditemukan 11 kasus flu Singapura di Jakarta. Satu kasus di bulan Januari, tiga kasus di Februari, dan tujuh di bulan Maret. Namun kasus serupa banyak ditemukan di wilayah Depok dan Tangerang.

Antisipasi meluasnya wabah flu singapura di Jakarta ini juga dilakukan melalui deteksi dini di dua pintu masuk internasional, yaitu Bandara Soekarno-Hatta dan Pelabuhan Tanjung Priok. Setiap tamu asing dan warga negara yang baru datang dari luar negeri akan diperiksa suhu tubuhnya. Jika deteksi awal menunjukkan gejala flu Singapura, segera dilakukan penanganan di rumah sakit terdekat.

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"

Penularan flu Singapura sangat cepat dengan masa inkubasi satu minggu. Penularan terjadi melalui percikan ludah, pernapasan, dan kulit. Bahkan juga bisa melalui benda yang sebelumnya disentuh penderita.

Gejala yang muncul seperti flu biasa, yakni demam, batuk, pilek, pegal-pegal, dan mudah lelah. Bedanya, flu ini disertai bercak-bercak merah berair seperti cacar di telapak tangan, kaki, dan di antara jari, serta sariawan di rongga mulut. Belum ada vaksin untuk mencegah penyakit ini.

Baca juga: Mari Mengenal Flu Singapura

Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan

Airlangga: Kader Golkar Siap Ditempatkan di Legislatif maupun Eksekutif

Airlangga Hartarto mengatakan kader Golkar siap ditempatkan di legislatif maupun eksekutif. Dia menanggapi peluang keterlibatan Golkar dalam kabinet Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024