Kampanye Larangan Memakan Telur Penyu

VIVanews – Apakah kalian pernah memakan telur penyu laut? Telur yang sangat digemari di Malaysia ini ternyata dilindungi dan tak boleh dikonsumsi.

Alasannya, jumlah penyu laut di dunia semakin berkurang. Kalau telur-telurnya selalu dimakan manusia, penyu laut tidak akan bisa berkembang biak.

Organisasi pemerhati lingkungan internasional atau WWF bahkan membuat kampanye larangan memakan telur penyu. Kampanye itu untuk menghindari punahnya penyu laut yang ada di sekitar pantai Malaysia.

Telur penyu memang banyak diperjualbelikan di Malaysia. Para penjual biasanya mendapatkan telur penyu di pantai. Sebab setelah bertelur penyu biasanya kembali mencari makan di laut dan meninggalkan telurnya di pantai.

Kampanye larangan makan telur penyu dilakukan dengan mengumpulkan 40 ribu tanda tangan warga Malaysia yang berjanji untuk tidak mengonsumsi telur penyu lagi.

"Penyu memegang peranan penting dalam kelangsungan ekosistem laut. Jika jumlahnya semakin berkurang maka kemungkinan besar ekosistem laut akan rusak," kata Dionysius S.K. Sharma, Kepala WWF Malaysia.

Sebanyak 10 ribu penyu raksasa jenis Leatherback dipercaya bersarang di kawasan pantai sekitar Terengganu, Malaysia. Akibat ulah manusia, Sharma memperkirakan jumlah penyu yang bersarang di sana berkurang tiap tahunnya.

Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut
Serial The Perfect Strangers

3 Fakta Menarik Serial The Perfect Strangers, Maxime Bouttier dan Beby Tsabina Gemas Banget!

Sebelum menonton keseruan The Perfect Strangers yang tayang pada 26 April 2024 mendatang, ketahuilah sejumlah fakta menarik dari serial ini.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024