Menghentikan Kebiasaan Anak Merengek

VIVAnews - Bagi sebagian orang tua, mendengar anak merengek menjadi hal biasa. Tapi, banyak di antara mereka yang merasa 'pusing' dengan rengekan si kecil.

Anak biasanya merengek ketika meminta sesuatu yang diinginkan atau menerima ketidakadilan. Rengekan anak untuk alasan yang sangat sederhana, menurut dokter anak, Laurel Schultz, MD, bisa menjadi cara efektif untuk mencari perhatian orang tua.

Lantas, bagaimana cara efektif untuk menghentikan anak merengek.

Schultz menjelaskan, upaya untuk mencegah anak tidak merengek bukan merupakan strategi untuk menyadarkan anak-anak, tetapi bagaimana mereka belajar berperilaku. Di sini, orang tua sering memainkan bagian penting.

Jika anak meminta sesuatu dengan sopan dan orang tua tidak merespons untuk pertama kali, anak akan makin memaksa. Sebagian kecil anak akan berteriak atau bahkan mengamuk, bila permintaan mereka tidak direspons orang tuanya.

Namun, untuk anak dengan usia lebih tua, mereka sudah memiliki kontrol diri dan cenderung tidak merengek lebih keras.

Untuk menghindari anak merengek, Schultz menyarankan orang tua untuk tidak perlu menunggu hingga anak memahami keinginannya. Adalah penting untuk menanggapi permintaan anak pada kesempatan pertama.

Jika Anda sedang menelepon atau di tengah percakapan, Anda dapat melakukan kontak mata atau jari dengan anak dengan memberikan isyarat untuk menunggu dulu dalam satu dua menit. Dengan begitu, anak menerima perhatian orang tua secepat Anda merespons permintaannya.

Namun, jika anak terus merengek, dan sebagai orang tua meyakini itu bukan merupakan suatu 'penyakit', Anda sebaiknya dapat memberikan perhatian lebih besar. Seringkali, rengekan anak merupakan sinyal untuk kembali dengan anak Anda.

Untuk itu, orang tua sebaiknya meluangkan waktu bersama anak dan melakukan kegiatan yang melibatkan mereka.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024