Laba-laba Bisa Bertahan dalam Air

VIVAnews - Biasanya, kita melihat laba-laba merayap di lantai atau di dinding. Tapi, apakah laba-laba bisa hidup di dalam air? Lantas, berapa lama binatang serangga ini bisa bertahan hidup di dalam air? Untuk membuktikannya, percobaan ini dilakukan oleh para ilmuwan dari Universitas Rennes, Perancis.

Laba-laba yang mereka teliti berasal dari jenis laba-laba serigala. Percobaan tersebut, memang dilakukan untuk mengetahui berapa lama laba-laba mampu bertahan dalam air. Meskipun mampu bertahan dalam air, laba-laba tersebut mengalami koma atau tidak sadarkan diri.

Dalam percobaan tersebut peneliti menggunakan tiga spesies dari laba-laba serigala, yaitu yang berasal dari rawa, dan dari hutan. Dari tiga spesies itu, sebanyak 120 laba-laba betina dimasukkan ke dalam air laut selama empat jam dan digerakan dengan sikat setiap dua jam untuk melihat responnya.

Hasilnya adalah, laba-laba serigala jenis Pardosa lugubris dari hutan, mati setelah 24 jam. Lalu, yang berasal dari rawa, Pardosa purbeckensis, mati setelah 28 jam dan laba-laba Arctosa fulvolineata mampu bertahan hingga 36 jam.

Yang unik adalah ada laba-laba mengalami koma, kemudian sadar baru mati. Laba-laba itu berasal dari jenis Arctosa fulvolineata.

"Kami baru mengetahui bahwa ada laba-laba yang bisa sadar dari koma sebelum mati," kata Julien Pétillon, seorang peneliti dari Universitas Ghent di Belgia.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024