Flu Babi

Meksiko Akan Kirim Tim Khusus ke Indonesia

VIVAnews - Keberhasilan Indonesia menekan angka kematian akibat flu burung (H5N1) dan mencegah virus tersebut bermutasi selama 3,5 tahun, jadi rujukan Meksiko.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Menurut Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari negara yang sedang dijangkiti virus flu babi (swine virus) itu akan mengirimkan tim ke Indonesia.

"Tamu-tamu Meksiko akan datang untuk belajar cara Indonesia mengatasi flu burung," kata dia dalam wawancara dengan TVOne, Rabu 29 April 2009.

Menurut Siti Fadilah, tak ada alasan untuk menolak kedatangan mereka. Negara yang sedang menderita itu, kata dia, ingin mencari rujukan. Bu Menkes pun tak khawatir kedatangan tim Meksiko akan menyebarkan virus flu babi ke nusantara.

"Percayalah saya tidak mengorbankan rakyat, kita akan menghitung kemungkinan-kemungkinan itu," tambah dia.

Meksiko dirundung kekhawatiran flu babi. Jumlah korban tewas akibat flu babi bertambah menjadi lebih di atas 150 orang di Meksiko, Selasa 28 April 2009. Sedikitnya 16 negara melaporkan adanya kasus infeksi virus flu burung, baik yang sudah dikonfirmasi atau belum.

Seperti dikutip dari laman televisi Channel News Asia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa virus itu kini sudah terlalu menyebar sehingga membuat strategi "pengurungan" sulit dilakukan. Meksiko, episentrum penyebaran, mengatakan bahwa 152 orang kini diyakini telah meninggal akibat mengidap flu babi. Lebih dari 1.600 orang diduga membawa virus berbahaya tersebut.

Jumlah kasus flu babi yang telah dikonfirmasi di Amerika Serikat menjadi 44 kasus. Di Inggris dan Spanyol, terdapat pasien yang mengidap flu babi, sehingga menjadi kasus pertama di Eropa.

Kanada memiliki enam kasus dan Selandia Baru telah menyatakan korban pertama flu babi di negara tersebut. Sebanyak 70 orang yang diduga mengidap flu babi terus diawasi di Australia. Demikian pula di Swedia dan Swiss, yang masing-masing memiliki lima kasus.

Taspen.

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) menegaskan komitemnnya terus mengoptimalkan peran Srikandi jadi penggerak finansial.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024