Pandemi Flu Babi

RI Berlakukan Travel Warning ke Meksiko

VIVAnews - Pemerintah memutuskan memberlakukan travel warning untuk WNI yang akan melakukan perjalanan ke Meksiko untuk mencegah penyebaran flu babi.

"Negara ini (Meksiko) menjadi wabah flu babi dianjurkan tidak bepergian ke Meksiko," ujar Ketua Komisi Nasional FBPI Bayu Krisnamurthi dalam konperensi pers di Kantor Menko Kesra, Jakarta, Kamis 30 April 2009.

Selain itu, kata dia, pemerintah juga memberlakukan travel advisory ke delapan negara yang sudah dipastikan terjangkit wabah flu burung yaitu Amerika Serikat, Kanada, New Zealand, United Kingdom, Israel, Spanyol, Austria dan Jerman.

Saat ini, Bayu menjelaskan, pemerintah juga akan melakukan pelacakan dan deteksi terutama di perbatasan-perbatasan baik darat, udara maupun laut. "Pemerintah sudah siaga dan persiapan yang baik untuk merespons kemungkinan-kemungkinan," kata dia.

Bayu menjelaskan, pihaknya juga melakukan komunikasi intensif dengan Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan seluruh negara-negara untuk mengetahui data terbaru mengenai wabah flu burung. "Walaupun belum pasti, kami juga waspada 16 negara menjadi wabah. Ini menurut beberapa media asing," kata dia.

Bukan hanya dari sisi persuasif, kata Bayu, mulai hari ini Departemen Kesehatan tengah membagikan alat-alat perlindungan diri dan obat-obatan di Rumah Sakit maupun Puskesmas-puskesmas.

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal di Dunia
Ilustrasi malas gerak (mager).

10 Negara Ini Dicap Paling Malas Gerak Sedunia, Kok Bisa?

Menjadi malas atau mager adalah perilaku yang tidak menguntungkan. Selain menghambat produktivitas, berikut adalah deretan negara malas gerak di dunia yang diteliti ini

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024