Michelle Obama

Dari Pengacara Menjadi Ibu Negara

VIVAnews - Sejak 5 November 2008, Michelle LaVaughn Obama, sudah harus siap-siap menyandang status baru selama empat tahun, sebagai Ibu Negara (First Lady) Amerika Serikat (AS). Itu adalah kehormatan sekaligus tanggungjawab yang harus dipikul Michelle sejak suaminya, Barack Obama, dipastikan menjadi presiden terpilih AS pada Selasa tengah malam waktu setempat, 4 November 2008 (Rabu pagi WIB).

Bersamaan dengan hari penobatan suaminya sebagai pemimpin negara adidaya, Michelle juga akan resmi menyandang jabatan Ibu Negara pada 20 Januari 2009. Selama ini Michelle menjalankan dua profesi: pengacara yang berkampanye untuk suaminya dan seorang ibu yang merawat kedua putrinya.

Selasa pagi waktu setempat, 4 November 2008, Michelle melakukan pemungutan suara bersama-sama dengan suaminya, Barack Obama. Perempuan berusia 44 tahun itu cukup lama berada di dalam bilik pemungutan suara sampai-sampai Obama melontarkan gurauan.

“Saya harus mengecek ke dalam untuk melihat siapa sebenarnya yang dia [Michelle] pilih,” gurau Obama, seperi dikutip dari harian "USA Today," 4 November 2008. Selesai memberikan suara, perempuan yang aktif mendukung kampanye Obama selama 20 bulan terakhir ini, bergegas mengantar kedua buah hatinya, Malia (10) dan Sasha (7) ke sekolah.

Seperti mantan rival suaminya dari Partai Demokrat, Hillary Rodham Clinton, Michelle Obama akan menjadi first lady AS yang menyandang profesi sebagai pengacara dan ibu bekerja. Michelle Obama berhasil meraih gelar dari Universitas Princeton dan Sekolah Tinggi Hukum Harvard. Dan seperti suaminya, Michelle Obama akan melenggang ke Gedung Putih sebagai first lady dari kalangan keturunan buruh.

Para pembantu kampanye Obama menggambarkan Michelle pada awalnya tidak terlalu bersemangat ketika suaminya mencalonkan diri sebagai kandidat presiden. Namun akhirnya, Michelle Obama menjadi juru kampanye Obama yang paling setia. Menurut keterangan juru bicara Michelle Obama, Katie McCormick Lelyveld, Michelle sempat melayani belasan wawancara dengan sejumlah stasiun televisi Selasa kemarin.

Pulang ke rumah, Michelle Obama hanya punya waktu sempit antara menunggu putri-putrinya pulang sekolah dan acara makan malam keluarga. Makan malam keluarga akan dihadiri oleh saudara laki-lakinya, pelatih bola basket negara bagian Oregon- Craig Robinson. Namun di antara waktu sempit itu, Michelle Obama masih meluangkan waktu untuk melayani wawancara via telepon dengan salah satu stasiun radio.

Bagaimanapun, perempuan kelahiran Chicago, 17 Januari 1964 ini sempat melakukan kesalahan di awal-awal tugasnya menyertai Obama berkampanye. Pada bulan Februari lalu, dia mengobarkan api pendukung setelah mengatakan bahwa keinginan para pemilih terhadap perubahan membuat dirinya merasa bangga untuk kali pertama dalam hidupnya. Demi memperbaiki citra, Michelle Obama tampil lebih lembut dalam sebuah acara ringan di televisi dan wawancara dengan sebuah majalah wanita. 

Dalam kampanye berulang kali dikatakan bahwa Michelle Obama tidak pernah berada jauh dari anak-anaknya lebih dari satu malam. Malia dan Sasha juga tidak pernah terlambat sekolah atau ketinggalan pertandingan bola dengan alasan “Ibu sedang membantu Ayah agar menjadi presiden”. Sasha akan menjadi anak yang  paling muda yang akan tinggal di Gedung Putih sejak Amy Carter yang masih berusia 9 tahun ketika mulai tinggal di Gedung Putih tahun 1977.

Apa isu-isu yang akan menjadi fokus Michelle Obama sebagai ibu negara AS? Keluarga militer dan isu ekonomi yang menyangkut perempuan kemungkinan akan menjadi fokus Michelle Obama, seperti yang sudah dikampanyekan sebelumnya.

“Jelas bahwa ia [Michelle Obama] mengemban pikiran-pikiran tersebut untuk segera digarap, tetapi sejauh ia telah membiasakan diri dengan perannya,” kata Lelyveld. Michelle Obama tidak pernah kembali ke masa lalu, dia selalu memandang ke depan.

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang
Analisis Pengaruh Tentang COVID-19 Terhadap Harga Saham

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Saham merupakan salah satu opsi investasi yang diminati di Indonesia, khususnya saham blue chip. Saham ini menjadi incaran banyak orang karena bisa untuk jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024