Daerah Pemilihan Jakarta I

Tiga Artis Vs Dua Bekas Menteri Pemuda

VIVAnews - Daerah pemilihan Daerah Khusus Ibukota Jakarta I lumayan panas pada Pemilu 2009 nanti. Daerah pemilihan yang meliputi Jakarta Timur ini terdapat tiga artis dan dua bekas Menteri Pemuda dan Olahraga yang bertarung memperebutkan 6 kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat.

Partai Amanat Nasional memasang dua artis sekaligus. Pelawak Betawi, Mandra, ditaruh pada nomor urut satu dan pemain sinetron Henidar Amru pada nomor urut 2. Artis ketiga adalah putri Ratu Dangdut Elvi Sukaesih yakni Fitria Elvi Sukaesih yang menjadi calon nomor urut 1 Partai Patriot.

Popularitas ketiga artis itu ditandingi oleh elektabilitas dari dua bekas Menteri Pemuda dan Olahraga. Partai Demokrat memasang mantan Menteri Pemuda dan Olahraga masa Orde Baru, Hayono Isman, pada nomor urut 2. Partai Golkar lebih mantap lagi, memasang mantan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga pada Kabinet Reformasi Pembangunan (1998 – 1999) dan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga pada Kabinet Pembangunan VII (1998), Agung Laksono. Jelas Agung, yang menurut Lembaga Survei Indonesia lebih populer dari Eko Patrio itu, memiliki elektabilitas yang tinggi mengingat saat ini merupakan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tak mau kalah, memasang Ketua Dewan Pimpinan Daerah DKI Jakartanya, Mayor Jenderal Purnawirawan Adang Ruchiatna Puradiredja, pada nomor urut 1. Mantan Panglima Daerah Militer IX/Udayana ini jelas lawan yang sepadan bagi dua bekas menteri di atas.

Partai Keadilan Sejahtera menaruh Rama Pratama, mantan aktivis mahasiswa Universitas Indonesia yang memimpin demonstrasi mahasiwa 1998, pada nomor urut 2. Basis dukungan Rama yang sekarang anggota Komisi XI DPR jelas menguat sejak memimpin organisasi kepemudaan PKS, Gerakan Persaudaraan Pemuda Keadilan, dan juga tercatat sebagai salah satu pimpinan Komite Nasional Pemuda Indonesia.

Partai Bulan Bintang juga tak kalah pamor dengan memasang Ahmad Sumargono, aktivis Islam garis keras yang blak-blakan mengaku fundamentalis. Ahmad Sumargono sempat keluar dari PBB, namun kembali lagi dan tahun 2008 ini memimpin Dewan Pimpinan Daerah DKI Jakarta Partai Bulan Bintang.

Khawatir Ada Aksi saat Putusan Sengketa Pilpres, TKN Siapkan Satgas Khusus
Situasi bangunan Pasar Kutabumi telah dibongkar

Pembongkaran Pasar Kutabumi Diwarnai Kerusuhan, Sejumlah Orang Mengalami Luka-luka

Pembongkaran Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, kembali diwarnai kerusuhan, Jumat, 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024