Korupsi Depkumham

Romli Minta Rekannya Usut Disertasi Jampidsus

VIVAnews - Setelah mendekam tiga hari di rumah tahanan Salemba cabang Kejaksaan Agung, Romli Atmasasmita mendapat kunjungan dari rekan-rekan sejawatnya dari Universitas Padjadjaran (Unpad). Dalam pertemuan itu, 19 rekan Romli memberikan dukungan moril padanya dalam menjalani proses hukum kasus dugaan korupsi sistem administrasi badan hukum.

Para staf pengajar di Fakultas Hukum itu tiba di ruang tahanan Romli pada Rabu 12 November 2008 pukul 11.00 WIB. Dengan senyum lebar, Romli menyambut kunjungan rekan-rekannya itu. "Saya senang mendapat dukungan itu," kata Romli kepad VIVAnews.

Mantan Direktur Administrasi Hukum Umum Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia itu mengatakan dirinya tidak akan mempersoalkan apakah pengadilan akan menyatakan dirinya bersalah atau tidak. "Tapi cara saya dijadikan tersangka itu yang saya persoalkan," ujar Romli yang juga Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran itu.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya

Ia menduga, ada masalah dendam pribadi dalam proses penetapannya sebagai tersangka. Ia mengungkapkan bahwa dirinya yang pertama kali mencuatkan dugaan plagiasi disertasi oleh Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejaksaan Agung, Marwan Effendi.
"Untuk memperjelas masalah itu, saya sudah minta dukungan agar Unpad mengusut kebenaran kasus plagiasi disertasi oleh Marwan," kata Romli.

Marwan diduga melakukan plagiat disertasi saat mengambil S3 di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran pada tahun 2004. Bahan disertasi Marwan diduga sama dengan bahan disertasi Irjen Polisi Untung Rajab yang meraih S3 di Universitas Padjadjaran pada 2002.

baca juga: Jampidsus Bantah Ada Dendam Pribadi

Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sumail Abdullah, dinilai menjadi salah satu nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Banyuwangi dalam Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024