Daerah Pemilihan Jawa Timur I

Ratih Sanggarwati 'Dijepit' Priyo & Laksamana

VIVAnews - Daerah Pemilihan Jawa Timur I yang meliputi Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo sangat menarik karena melibatkan nama-nama besar di sejumlah partai. Pengecualian untuk Partai Persatuan Pembangunan yang memasang model Ratih Sanggarwati.

Model dan pesinetron Ratih Sanggarwati menempati nomor urut 1 daftar calon PPP. Ibu tiga anak kelahiran Ngawi, Jawa Timur, 8 Desember 1962, ini memang sejak tahun 2000 berubah alim dengan mengenakan jilbab. Pemilu kali ini merupakan percobaan pertama pemilik tinggi badan 172 centimeter itu.

Ratih harus bersaing dengan pria-pria 'perkasa' sejumlah partai merebut satu dari sepuluh kursi anggota DPR. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menempatkan putra bungsu Proklamator Sukarno, Guruh Irianto Sukarno Putra, pada nomor urut 1. Pencipta lagu, seniman, dan politisi Senayan adalah tiga pekerjaan utama adik kandung Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, itu.

Golkar tak kalah aksi dengan memasang orang kuat Partai Golkar, Priyo Budi Santoso. Ketua Fraksi Golkar di DPR ini berada di nomor urut 1. Pria kelahiran Trenggalek, Jawa Timur, 30 Maret 1966, sebelumnya terpilih dari daerah pemilihan Jawa Tengah VII.

Partai Demokrasi Pembaruan juga menaruh orang kuatnya, Laksamana Sukardi. Koordinator Pimpinan Kolektif Nasional PDP ini pernah menjadi Menteri Negara Investasi dan Pembinaan Badan Usaha Milik Negara di era Presiden Megawati. Konflik dengan Megawati, Laksamana keluar dari PDIP dan mendirikan PDP bersama sejumlah rekannya.

Muhaimin Iskandar, keponakan yang sukses menggusur kekuasaan pamannya, Abdurrahman Wahid, di Partai Kebangkitan Bangsa, juga berada di daerah pemilihan Jawa Timur I ini. Di bawah Ketua Umum Dewan Tanfidz PKB ini terdapat Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKB Jawa Timur, Imam Nahrawi, salah satu pendukung kuat Muhaimin.

Orang kuat terakhir adalah Sri Edi Swasono, suami Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia Meutia Hatta. Pria kelahiran Ngawi, Jawa Timur, 16 September 1940, dan lebih dikenal sebagai ekonom itu didapuk nomor urut 1.

Gelar RUPST, PT Federal International Finance Angkat Siswadi Jadi Presdir Baru
Manajer Manchester United, Erik ten Hag

Ten Hag Ungkap Pemain Ini Bakal Bawa Kesuksesan untuk MU

Manajer Manchester United, Erik Ten Hag masih percaya dengan Casemiro, meski sang pemain dinilai sudah mengalamai penurunan performa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024