Kebakaran Landa California Selatan

10 Ribu Orang Dievakuasi

VIVAnews - Ratusan rumah hangus terbakar dan sekitar 10 ribu orang terpaksa dievakuasi menyusul bencana kebakaran yang terjadi berturut-turut di wilayah California bagian Selatan.

Seperti yang dilansir situs Yahoo, api yang berasal dari Distrik Sylmir itu juga menyebar sampai ke kawasan selebritis, Montecito, sekitar 160 kilometer ke arah sebelah utara, pada Kamis lalu. Ratusan petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang melanda daerah tempat tinggal sejumlah bintang Hollywood, seperti Opray Winfrey, Michael Douglas, dan Jeff Brigges itu.

Menurut pejabat setempat, bencana itu merupakan bencana paling buruk dalam 50 tahun terakhir yang melanda California.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Hingga Minggu, 16 November 2008, api sudah menyampu wilayah seluas 2,630 hektar.  Sekitar 1100 pemadam dikerahkan menggunakan beberapa helikopter, buldozer, mesin pemadam, berjuang melawan api untuk mencegah penyebaran yang lebih luas. status darurat pun telah diberlakukan di seluruh Los Angeles.

Api berawal dari sebuah rumah trailer yang diparkir dekat Distrik Sylmar, Jumat lalu. Penyebaran api diperparah dengan adanya angin musiman yang bergerak dengan kecepatan 80 mil/ jam. Api kemudian menjalar dan menghanguskan sejumlah pemukiman di kota-kota seperti Yorba Linda, Corona, sebelah tenggara Los Angeles.  Di wilayah ini, sedikitnya 20 rumah dilaporkan hangus dan akses jalan pun tertutup.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Meski demikian, sejauh ini hanya empat orang yang dilaporkan luka-luka. Tiga diantaranya adalah petugas pemadam kebakaran.

California merupakan salah satu wilayah yang kerap dilanda bencana kebakaran yang dipicu oleh musim kering dan angin Santa Ana.

Tahun lalu, California mengalami bencana kebakaran paling parah sepanjang sejarah  kota itu.Dalam bencana itu, delapan orang dilaporkan meninggal dunia, 2000 rumah hangus dan menyebabkan kerugian materiil sampai miliaran Dollar Amerika Serikat.

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

Hujan dengan intensitas tinggi turun sejak Kamis 25 April 2024 sore hingga malam yang mengakibatkan empat rumah tertimbun tanah longsor di Kampung Sirnagalih, Garut.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024