Akbar Tandjung

Swing Voters Golkar Lari ke Gerindra

VIVAnews - Lembaga Survei Indonesia (LSI) memprediksi suara Partai Golkar dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menurun pada Pemilu 2009 nanti. Partai Demokrat dan Partai Gerakan Indonesia Raya menyodok naik ke atas.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar, Akbar Tandjung, menilai suara Golkar yang menghilang itu lari ke Partai Gerindra dan Partai Hati Nurani Rakyat. "Golkar ini adalah organisasi yang terbuka dan kemungkinan orang masuk dan berpindah-pindah mungkin saja, tergantung isu-isu yang menarik dari partai-partai. Dan sekarang ada partai-partai baru seperti Hanura dan Gerindra, dan setiap partai baru itu didukung oleh orang-orang Golkar seperti Prabowo dan Wiranto," kata Akbar Tandjung ditemui di sela-sela sebuah acara di Universitas Al Azhar Indonesia, Kebayoran Baru, Jakarta, Senin, 17 November 2008.

"Jadi kemungkinan swing voter lari itu bisa saja terjadi," kata Akbar Tandjung yang kalah bersaing dengan Jusuf Kalla menjadi Ketua Umum Golkar itu.

Untuk mempertahankan swing voters berada di Golkar, Akbar Tandjung menyarankan Golkar lebih demokratis dan terbuka. Akbar Tandjung menyinggung rekrutmen politik di Golkar perlu dilakukan secara terbuka untuk menghilangkan perbedaan-perbedaan. "Dan untuk saat ini sebaiknya Golkar lebih melihatkan kepekaan pada aspirasi rakyat, jadi fokuslah pada kepentingan rakyat. Dengan begitu rakyat akan lebih simpati dan swing voter (beralih) itu bisa kita minimalisir," tandasnya.

Survei LSI menemukan Partai Demokrat dipilih paling banyak oleh responden dengan total 16,8 persen. Disusul dua jawara Pemilu sebelumnya yakni  Partai Golongan Karya 15,9 persen dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 14.2 persen. Partai di papan tengah adalah Partai Keadilan Sejahtera 4,9 persen, Partai Kebangkitan Bangsa 4,6 persen, Partai Gerakan Indonesia Raya 3,7 persen, Partai Amanat Nasional 3 persen dan Partai Hanura 1,1 persen.

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, buka suara terkait permohonan kubu Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) yang memintanya jadi saksi di MK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024