Cina Kirim Astronot Berjalan di Angkasa Luar

VIVAnews – China untuk kali ketiga sukses mengirim astronotnya ke angkasa luar. Misi kali ini akan mencetak sejarah baru dimana seorang dari tiga astronot akan berjalan di angkasa luar yang hampa udara (spacewalk). Bila spacewalk berhasil dilakukan maka akan menjadi pencapaian prestisius bagi teknologi angkasa luar Cina. 
 
Kendaraan angkasa luar “Shenzhou 7” dengan tiga astronot berhasil menembus atmosfer bumi Kamis malam, 25 September 2008. Misi ini merupakan misi pengiriman astronot ketiga bagi Cina. Misi pertama dilakukan tahun 2003.

Shenzhou 7 diluncurkan menggunakan roket Long March 2F dari Pusat Peluncuran Luar Angkasa Jiuquan, sekitar 1.600 kilometer barat laut Beijing. Waktu menunjukkan sekitar pukul sembilan waktu setempat dan langit sangat cerah. Pesawat dijadwalkan akan berada di luar angkasa selama tiga atau empat hari.

Melalui misi spacewalk ini, Cina berharap dapat menguasai teknologi pembuatan dua satelit buatan yang dalam beberapa tahun ke depan akan menjadi stasiun luar angkasa pertama bagi Cina.

Spacewalk akan dilakukan oleh satu astronot selama kurang lebih 40 menit pada hari Jumat atau Sabtu pekan ini dan akan kembali ke Bumi segera setelah spacewalk terlaksana.

Presiden Cina, Hu Jintao, memberi pesan kepada ketiga astronot sebelum meluncur. “Kalian pasti akan menyelesaikan tugas suci dan agung ini. Ibu pertiwi dan masyarakat menanti kedatangan kalian,” kata Hu. (ap)

18 Killed in Oman Over Heavy Rains and Flash Floods Lash UAE
Mobil hilang kendali, terbang dan menabrak garasi

Viral Mobil Sedan Terbang dan Masuk Garasi Rumah Komplek Elite

Sebuah tragedi terjadi di Jurupa Valley, California pada pekan lalu di Amerika Serikat. Di pagi hari yang cerah, mobil sedan melaju dengan kecepatan tinggi memasuki jalan

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024