PU Mulai Garap Tanjung Priok Access Road

VIVAnews - Pembangunan kontruksi fisik sesi I, jalan tol atau akses menuju Pelabuhan Tanjung Priok (Tanjung Priok Access Road), Jakarta Utara, sepanjang 3,4 km dimulai Desember 2008.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share

"Kontruksi jalan tol sesi I menelan investasi sebesar Rp 722 miliar," kata Direktur Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum Hermanto Dardak dalam acara penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) Kontruksi di Jakarta, Senin, 1 Desember 2008.

Menurut Hermanto, pembangunan sesi I ruas tol lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) sangat vital untuk mempermudah akses masuk ke pelabuhan Tanjung Priok. "Percepatan pembangunan akan memobilisasi dan memacu kegiatan domestik, serta kebutuhan ekspor dan impor," jelasnya.

Dia mengatakan, pendanaan Tanjung Priol Acces Road itu berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan pengerjaan dilakukan bekerja sama dengan Sumito Corporation dan PT Hutama Karya secara tahun jamak (multiyears). "Diperkirakan masa pembangunan mencapai 540 hari atau selesai pada 2010," ujar Hermanto.

Hermanto mengakui, jalan tol atau akses menuju Pelabuhan Tanjung Priok itu terdiri dari jalan utama, jembatan layang (fly over) dan ramp on off. Sedangkan dua sesi lainnya, sesi II dan III akan ditenderkan pada awal 2009. "Keseluruhan proyek Tanjung Priok Access Road ini sepanjang 12,4 kilometer," jelasnya.

Menurut Hermanto, untuk sesi I yang sedang dalam tahap kontruksi itu status tanahnya sudah dibebaskan, sehingga diharapkan sudah ada aktivitas di Desember ini. Sedangkan untuk sesi II dan III, masih terkendala pembebasan lahan. "Tapi masih dalam proses negoisasi dan penyelesaian," ujarnya.

Dia mengakui, jalan luar lingkar Jakarta tersebut pembangunannya menggunakan teknologi dan inovasi yang terbaru. Selain itu, karena pembangunannya dilakukan pemerintah, maka setelah terbangun pada 2010, ruas jalan tol itu akan ditawarkan kepada investor untuk dioperasionalkan.

Dalam acara penandatanganan itu, terjadi pula penandatangan kontrak fly over alternatif menuju Bandara Soekarno Hatta dan jalan-jalan di luar Jakarata, seperti wilayah Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur. "Beberapa jalan itu antara lain, RE Marta Dinata di Tangerang dan jalan Padjajaran di Bogor," jelas Hermanto.

4 Moscow Terrorists Under the Influence of Drugs
PM Georgia, Irakli Kobakhidze (Doc: Anadolu Ajansi)

Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber

Perdana Menteri Georgia Irakli Kobakhidze mengadakan buka puasa bersama atau makan malam berbuka puasa, pada Kamis, 28 Maret 2024, di Ibu Kota Tbilisi, bersamaan Ramadhan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024